KONTES MANTAN TERINDAH|| MANTAN TERINDAH SEORANG SANTRI

in #madura6 years ago (edited)

Tiap orang tentunya punya mantan terindah dalam hidupnya, namun dalam kontes mantan terindah ini saya ingin memberikan warna berbeda mengingat saya seorang yang lahir dan dibesarkan di pesantren maka mantan terindah saya adalah kitab kuning.
vq33jgv3en.jpg
Sumber Foto: khanza.aulia

Kontes ini diadakan @khanza.aulia dan disponsori oleh @khanza.aulia @yuyuart @hamidi103

Saya beri judul tulisan saya MANTAN TERINDAH SEORANG SANTRI begini kisahnya,

Sebagai seorang anak laki-laki yang sudah terbiasa dengan lingkungan pesantren maka kitab kuning adalah pacar terindah dan juga bisa dikatakan mantan terindah kok bisa? Tentu bisa karena nyata tiap santri yang berada di pesantren khususnya pesantren salaf maka bertemu dan mengakrabi kitab kuning sudah menjadi degup kehidupan yang tak terpisahkan.

Baik berada di Madura maupun hidup di jawa dunia yang paling karib dengan saya adalah dunia pesantren dengan begitu bertemu dengan kitab kuning, membaca dan mendalami adalah rutinitas yang tak bisa saya hindari.

Tak kenal maka tak sayang, saya sudah membuktikan keampuhannya karena saya tak mengenal kitab kuning maka saya tak menyukainya, pertemuan dengannya adalah hal yang paling menjengkelkan dalam hidup saya. Terlebih bisa ada pertanyaan yang tak bisa saya pecahkan.

Saya sempat ingin berpaling dari kitab kuning karena merasa putus asa dan bukan sesuatu yang bisa menyenangkan bathin saya. Namun nyatanya saya tak bisa dipisahkan sebab saya selalu berada di lingkungan pesantren.

unduhan.jpg
(sumber foto: konsultadisyariah.com)

Semakin sering saya mengadakan pertemuan dengan kitab kuning maka saya semakin terpikat saya erasa lebih segar bugar, jika bisa diibaratkan kitab kuning sudah menjadi perempuan sholehah di mata saya.

Saya tak bisa menghindar dari kedipan mata kitab kuning, semakin saya dekati, saya akrabi semakin saya temukan banyak ilmu baru bertebaran, semakin kelihatan bahwa adalah seorang yang miskin pengetahuan.

Kedekatan saya dengan kitab kuning memberikan saya suatu kunci pengetahuan bahwa untuk bisa menguasai kitab kuning, kita mesti menguasai ilmu nahwu dan ilmu shorrof.

Dengan mengakrabi kitab kuning, saya tahu ada perbandingan madzhan dan dari perbandingan tersebut sejatinya saling melengkapi dan saling membantu umat untuk keluar dari zona yang memprihatinkan.

Betapapun saya sangat dekat dengan kitab kuning, saya tak melupakan fitrah saya sebagai manusia, yang mesti mengikuti sunnah Nabi Muhammad. Betapapun sudah menjadi kekasih pilihan Allah Nabi menikah sebagai jalan untuk memperbanyak keturunan.

IMG_20171221_115021.jpg

Kitab kuning telah menjadi mantan terindah yang sampai kini lekat di hati, berdekatan dengan kitab kuning telah menjadi jalan bagi saya untuk mendekatkan diri dengan Allah.

Saya mendapat sebuah pemahaman kecintaan manusia kepada makhluk adalah kecintaan yang memiliki ruang dan waktu yakni dibatasi status jomblo dan sudah berkeluarga juga dibatasi oleh kecendrungan setelah menikah.

Kecintaan saya pada kitab kuning tak melupakan saya sebagai hamba Allah dan makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, sebab nyatanya manusia diciptakan berpasang-pasangan.

Madura, 23 Juli 2018
@penasantri

Sort:  

Sangat religi. Good post. Link postingan yang diikutkan kenkontes dishare dikomentar saya. Tolong baca peraturan kontesnya. Sayang sudah menulis tapi tidak dinilai nanti. جزاك الله خيرا

Mantap sekali kisah ceritanya,salut

saya salut,,, anda sangat beruntung sudah jatuh cinta dengan kitab kuning.

Allah bless you all

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 62187.20
ETH 3051.46
USDT 1.00
SBD 3.79