Questions About Internship On TRANS TV | Dianggap Babu???

in #life7 years ago (edited)

Hi steemian, kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya saat magang di sebuah stasiun tv swasta yaitu TRANS TV, saat itu saya ditempatkan di bagian produksi, lebih tepatnya produksi 2 di program Rumpi No Secret. disini saya akan menjawab banyak banget pertanyaan-pertanyaan yang mereka tanyakan kepada saya setelah saya selesai magang. Jadi disini saya akan menjawabnya semoga bisa dipahami yaaa :)

1. Gimana sih caranya bisa magang di TRANS TV?

Pertanyaan ini sering banget saya dapat dari banyak orang , jadi gini sistem kerja di trans tv itu full time jadi kerjanya dari pagi sampai malam (tergantung di bagian apa), jadi saya sarankan yang tidak punya kelas lagi atau udah ngga kuliah untuk segara mendaftar. Tapi kemungkinan kalau masuk kuliah seminggu sekali masih dapet dispensasi, sedangkan kalau tiap hari masih kuliah kayaknya kamu harus pertimbangin dulu deh untuk melanjutkan magang atau tidak, karena meskipun kita hanya anak magang ngga bisa seenaknya kita sendiri. Hehehe

2. Masuk disana pakai orang dalam ngga sih biar cepet diterima?

jujur saya pribadi pakai orang dalam, hehehe. Seorang produser di salah satu program di sana. Saya dibantu beliau untuk bisa masuk ke TRANS TV. Tapi, mengenai orang dalam tidak semua anak magang masuk harus memakai orang dalam kok, banyak dari teman magang saya yang masuk secara murni, mereka memasukkan berkasnya ke (karir.transtv.co.id/magang/) dan jika TRANS TV sedang banyak membutuhkan anak magang dalam kurun waktu singkat kita udah dipanggil oleh HRD untuk interview

3. Bisa milih program sesuai keinginan ngga?

Nggak sama sekali, disana kita ngga bisa milih program apa aja yang kita mau, pokoknya dimanapun bagian yang kosong disitulah kita akan mengisinya bergantian. HRD bakalan milihin program apa buat kamu sesuai dengan permintaan dari program masing-masing yang lagi butuh anak magang. Jadi intinya mah kamu harus siapin diri untuk terima dan belajar sesuatu yang baru. Waktu itu saya ditempatkan di program rumpi no secret, padahal baru selesai idul fitri, eh ditempatkan dibagian gossip nambah lagi deh dosanya hehehe


4.Dibayar ngga?

dari awal ketika dipanggil untuk interview udah di jelasin oleh HRD bahwa TRANS TV tidak membayar uang apapun untuk anak magangnya, termasuk uang makan dan tranportasi. Dan mereka juga menekankan bawa kerjanya tidak kenal waktu, kadang seharian, kadang juga jam 3 subuh harus udah ada di kantor untuk syuting. Mereka juga tidak memaksa, jika ingin belajar tangan mereka terbuka, tapi jika ingin dibayar mereka tidak bisa. Hmmm saya juga ngga tau alasan kenapa mereka tidak membayar seperserpun, atau mungkin karena banyak banget anak magangnya? Entahlah, yaaa. Tapi, pas syuting kita bisa kebagian nasi kotak untuk crew kok hahahhaahha. Apalagi kalau syuting di luar pasti kenyang deh :p saya pribadi masuk kantor jam 9 pagi dan pulang jam 10/11 malam, kadang kalau syuting diluar bahkan subuh-subuh harus udah ada di kantor.

5. Dianggap babu?

Gini aja deh, tanpa adanya anak magang tim kreatif juga akan melakukan hal-hal tersebut, nah disini tugas kita hanya membantu melakukannya dengan skala kecil dan tentunya ngga berat dan ngga susah. Jadi menurut saya ngga di anggap babu kok, karena ya emang seperti itu kerja di TV, naik turun lift untuk nyerahin materi ke editing, bolak balik dari lantai 8 ke studio yang jaraknya lumayan jauh, fotocopy puluhan. Meskipun ya, ada sebagian crew yang suka ngerjain pas kita baru-baru awal masuk (tapi nggak semua). Intinya mah selama kita ikhlas ngelakuinnya tanpa ngedumel semua jadi terasa lebih enteng, iya nggak?

6. Job desk nya apa aja?

  1. Membuat rundown
  2. Menyiapkan materi syuting (Foto, video, Screenshootan artikel artis)
  3. Membuat form artis (Jadwal syuting beserta nomor hp artis)
  4. Membuat by minute (grafik penonton permenit)
  5. PIC Instagram (Upload IG saat syuting)
  6. Membuat Promo IG

7. Tips dan triknya dong, kak

  1. Senyum, Sapa, Salam
  2. Jangan pernah bilang “No, I can’t do it”
  3. Sedia flashdisk dan pulpen
  4. Jangan malu untuk terus bertanya
  5. Jangan terlambat (On time)
  6. Cepat tanggap

Sort:  

kenal saya sama anak ini. lincah. suka lari2 kalau di halaman. waktu di trans, gitu gak ya? hehehe

Ngga gitu juga pak, yang ada malah disangka anak playgroup nyasar ke trans wkkek @zainalbakri

lari-lari karena terlambat pak wkwkwk

Sangat aksik doeng walaupun capek

asli capek sih, tapi seruuu lhooo hihihi @zulfadli

seru nya dimana kakak?dicapek nya ya? hehehe

Good story @sfa.. Keep Steem On!

terimakasih bang sammy @samymubarraq :)

Oh ya dek, selanjutnya untuk setiap postingan berbahasa Indonesia, gunakan tag Indonesia di urutan pertama atau kedua ya. Biar postingannya ditemukan oleh kurator Indonesia :)

Terimaksih atas sharing nya kak.
TransTv salah satu target buat magang nih kak.. Hehe..

sama sama mega, semoga bisa tercapai kok yang penting mega yakin bisa kesana. Semangat!!!!! :) @tulisanmega

Siiap kak, amiin..
InsyaAllah kak,
Tapi apa gak susah ya kak d sana, ntar sering d marah2n gak kak, atau kita ada d bimbing disana..?.

Ada susahnya juga, sih. Namanya baru masuk dunia kerja. Tapi makin lama makin terbiasa kok. Iya, ada yang bimbing, anak magang juga tapi yang udah sebulanan gitu, namti dia yang ngajarin @tulisanmega

Maksih kak yaa..

Harus bnyak belajar dulu nih mumpung ojt nya masih lama, dan persiapkan lbih bnyak pengetahuan. Hehe ya kan kak...

Kak incesss.. luar biasa👏👏👏

Makasih master 😚 @nurhayati

Terima kasih kembali kakkk

Halo, Kak .. aku anak Kuliahan yang bentar lagi selesai Kuliah ..
Aku cita2 memang pengen kerja di Trans Tv dari suka sama 1 acara namanya Katakan Putus dan ketemu di kota aku, Batam :D

Cita2 banget, asliiii !!!

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 59148.41
ETH 2526.30
USDT 1.00
SBD 2.48