BELAJAR DARI TUKANG TAMBAL BAN

in #indonesia5 years ago

825736_L.jpg

Sumber (https://pixabay.com/photo-825736/)

Disebagian orang profesi tambal ban bukan profesi yang terkenal. Profesi ini biasanya akrab dengan dunia perbengkelan. Di daerah saya ada juga yang khusus mengerjakan jasa tambal ban. Keberadaan mereka sangat membantu bahkan penting bagi pengguna kendaraan bermotor atau sepeda onthel.

Tetiba saya teringat seorang tukang tambal ban di dekat kampus UNY Yogyakarta. Tepatnya di daerah kampung Samirono. Dulu sewaktu masih sekolah saya pernah tambal ban di sana.

Entah sekarang masih ada atau tidak. Beliau, si bapak tukang tambal membongkar ban dalam motor dan bertanya.

“Mbak pernah ke sini dua kali, kan?”

“Kok, Bapak masih ingat? Saya sudah lama lho, Pak.” Saya heran dengan memori bapak ini.

Padahal yang menambal ban jelas tidak sedikit.

“Iya lah bapak masih ingat. Ini saya lihatin!”

Saya menuju arah ban dalam yang ditunjukkan kesaya. Untuk kreatifitas seorang tukang tambal ban saya angkat topi. Wow....hebat si bapak!

Ternyata ada tulisan STKN disetiap guntingan karet yang menambal lubang ban dalam. Bahasa jualnya si bapak punya label untuk tambal ban miliknya. Kreatif dan cerdas bukan?
Saya mencoba bertanya lagi.

“Artinya STKN apa, Pak?”

“Itu semacam prinsip hidup saya Mbak, singkatan dari ‘saktekane’.”

Kata saktekane berasal dari bahasa jawa yang artinya sesampainya atau tidak memaksakan. Hidup seadanya menerima semua rezeki dengan syukur. Begitu kira-kira.

“Oh ... ada tujuan lain nggak Pak kenapa di beri tulisan STKN?” aku masih penasaran.

“Iya Mbak, ini bentuk tanggung jawab saya. Misal ada yang protes dari hasil tambalan saya kan, tahu kalau ini kerjaan saya atau bukan” Jawabnya dengan santai.

Dalam hati saya acungi jempol, meski seorang tukang tambal ban, si bapak bekerja dengan profesional. Tanggung jawab dan sungguh-sungguh. Padahal beliau tidak berpendidikan tinggi, tetapi punya nilai etika yang sungguh bisa dicontoh.

Pekerjaannya dipertaruhkan dihadapan Tuhan. Kesannya sederhana tetapi memiliki makna yang dalam.

Bersyukur, di dunia yang penuh dengan trik dan intrik masih ada orang baik seperti beliau, yang menjunjung profesional sebagai bentuk tanggung jawabnya pada Pencipta alam raya ini.


Kalasan, 17 Oktober 2018

Sort:  

Sangat menginspirasi, terima kasih telah berbagi cerita-cerita ringan penuh makna seperti ini, salam kenal :)

Salam kenal kembali. Terima kasih.


Postingan ini telah dibagikan pada kanal #Bahasa-Indonesia di Curation Collective Discord community, sebuah komunitas untuk kurator, dan akan di-upvote dan di-resteem oleh akun komunitas @C-Squared setelah direview secara manual.
This post was shared in the #Bahasa-Indonesia channel in the Curation Collective Discord community for curators, and upvoted and resteemed by the @c-squared community account after manual review.

Terima kasih atas apresiasinya

Posted using Partiko Android

Tulisannya selalu menginspirasi mba @wahyulestari08. Selalu punya ciri, ada makna ketika selesai membacanya.

Sebagai orang yang kemana-mana bawa motor saya tahu betul jenis-jenis penambal ban. Dari yang kreatif sampai yang asal-asalan. Dari yang malas sampai yang rapi.

Posted using Partiko Android

Terima kasih mbak @ristianti. Bahagia bila tulisan kita bermanka.

Posted using Partiko Android

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70597.89
ETH 3559.60
USDT 1.00
SBD 4.77