LEBIH BAIK JADI BURONAN MERTUA DARI PADA MENULIS BAHASA INGGRIS. HARUSKAH SAYA BERHENTI DI STEEMIT?steemCreated with Sketch.

in #indonesia7 years ago

Baru beberapa hari bergabung, saya melihat yang paling banyak mendapatkan upvote adalah konten-konten yang ditulis dengan bahasa inggris. Ratusan bahkan ada juga yang ribuan. Sedang konten yang ditulis dengan bahasa Indonesia tidak mencapai segitu.

Buronan Mertua.jpg
Sumber Gambar

Sudah dua postingan yang saya tulis dan ini yang ketiga, semuanya menggunakan bahasa indonesia. Saya tak pandai bahasa inggris, jangankan untuk menulis, membacanya saja saya tak faham. Lebih baik saya menjadi buronan mertua dari pada menulis dalam bahasa inggris.

Haruskah saya berhenti di steemit? Kalimat ini sempat terbesit di hati ketika melihat jumlah upvote yang didapat dari konten-konten berbahasa indonesia. Namun hal ini cepat-cepat saya tepis, karena kalau berhenti motivasi sebagaimana postingan kedua saya takkan pernah terwujud. Dan bisa-bisa saya masuk menjadi buronan mertua.

Bahasa inggris memang bahasa global. Saya selaku warga negara kesatuan republik indonesia termasuk salah satu yang tak faham dengan bahasa itu. Pun demikian, mereka tak pernah mau peduli dengan saya dan kita yang tak faham bahasa inggris.

Mereka berfikir, mau saya mengerti atau tidak, itu bukan urusan mereka. Begitu juga dengan kita. Mau mereka mengerti atau tidak dengan bahasa indonesia, itu bukan urusan kita. Terus saja menulis di steemit walau menggunakan bahasa indonesia. Jujur, saya mengucap syukur bagi mereka yang mau menulis bilingual.

Bahasa Indonesia memang belum menjadi bahasa global, tapi dunia telah mengakui bahasa kita. Beberapa aplikasi besutan mereka diluar sana tak lupa mengiklutkan bahasa kita dalam aplikasinya. Jadi, sebagai orang indonesia tak perlu malu menulis menggunakan bahasa sendiri.

shutterstock_1283414664.jpg
Sumber Gambar

Dengan kita terus menulis bahasa indonesia, secara tidak langsung kita memperkenalkan bahasa kita kepada mereka diluar sana. Persoalan mendapatkan banyak atau tidaknya upvote atas postingan kita, itu urusan ke 120. Saya yakin, orang indonesia pasti akan memberikan upvote atas postingan kita karena ini akan menjadi bagian untuk mendukung sesama.

Terimakasih sudah membaca dan terimakasih yang tak terhingga atas upvote yang akan diberikan.

Sort:  

Terimakasih supportnya kawan.

Semangat kawan.. never give up.
lebih baik menulis dalam bahasa Indonesia daripada bahasa Inggris nya ngaco ala translate google. leubeh got lom neutuleh lam basa Aceh, karena steemit support basa Aceh. keep fight brother.

Dumpu bahasa jeut ta tuleh, asai droe beu mufhom. Bek lheuh tuleh, droe hana faham

Jangan ragu kawan.. Pede aja lagi..

Good job.. Santai aja kita

Tak perlu berhenti, tapi jadilan diri sendiri. Dan tak perlu ragu untuk memposting menggunakan bahasa indonesia. Walau belum menjadi bahas global, tentu kita sebagai warga harus bangga dengan bahasa kita sendiri.

Saya juga berpikir demikian. Buatlah dengan bahasa yang dimengerti oleh kita saja ya. 😀salam @akhywali

Jangan galau, tidak di upvote karena dalam bahasa indonesia @Stephend. Saya awalny juga begitu buat perkenalan diri dalam bhs inggris tdk ad yang upvote juga, kirim artikel dalam bhs inggris jg tak ad yg lirik. Sebenarnya upvote itu tergantung pada kualitas gambar dan ulasan artikel kita mau pakai bahasa apa aja bisa, karena sekarang serba canggih sistem dapat mentranslit bahasa yg kita gunakan. Jadi tetap semangat ya, terslah berkarya. Semoga sukses ya.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.032
BTC 59329.11
ETH 2528.70
USDT 1.00
SBD 2.47