MELBOURNE FUN TRIP PART 1 | Exploring City + Street Art

in #indonesia6 years ago (edited)

Hai semuanya!

Kali ini aku akan bercerita tentang liburanku di Melbourne seminggu yang lalu. Di tulisan ini aku akan bercerita perjalanan ke Melb dan pada hari pertama saat aku tiba di Melbourne & hari kedua.

Aku berlibur bersama Om Ary (Adik Ibuku) dan Adikku, Nabila. Aku dan Nabila berangkat dari Semarang dan Omku berangkat dari Surabaya. Kami ketemuan di Bali.

Berangkat dari Semarang tanggal 8 Februari 2018 sekitar pukul 14:15 sampai di Bali pukul 16:35 (waktu di Bali lebih cepat 1 jam dari Semarang). Om Ary sudah tiba duluan di Bali dari 1 jam yang lalu. Kemudian setelah kami bertemu, kami putuskan untuk jalan-jalan sebentar di Beachwalk karena jadwal flight kami ke Melb sekitar pukul 23.00.

Setelah jalan-jalan di Beachwalk, kami balik lagi ke airport sekitar pukul 20.00.

Flight ke Melb pukul 23.00 dan tiba di Melb keesokan harinya pukul 08.00 (fyi; jarak waktu Bali - Melb sekitar 3 jam). Kemudian kami langsung mencari sarapan di Airport karena perut kerasa lapar bangettt. Makan Nando's, eeeeenak banget rasanya, ya karena emang lagi laper banget (jadi semua kerasa enak) atau emang makanannya yang enak hehehe. Setelah makan, kami keluar dari Airport dan akan menuju ke Apartemen yang sudah kami pesan via airbnb. Tapi sebelumnya membeli tiket Sky Bus dulu di airport untuk menuju ke kota. Sebenernya bisa sih pakai bus yang biasa, ngga pakai Sky Bus untuk menuju ke kota, kami memilih menggunakan Sky Bus walaupun agak sedikit mahal (AUD 19) tetapi lebih bisa menghemat waktu dan tenaga, sekali naik bisa langsung sampai ke tengah kota, dan pas banget Apartemen kami di Spencer Street berdekatan sekali dengan Soutern Cross Station, tempat pemberhentian Sky Bus. Kalau naik bus yang biasa, mungkin bisa berganti-ganti bus dan mencari arah yang benar.

Kami turun dari Sky Bus dan menuju ke apartemen kami. Jaraknya deket banget dari stasiunnya. Kamar kami ada di lantai 26, jadi bisa melihat kota Melbourne dari atas. Menyenangkan banget! Apalagi buat aku, adik dan Om Ary yang baru pertama kali berkunjung ke Melbourne.

Kami rebahan dulu, video call-an dengan Ibu, Bapak dan Kakak yang ada di Semarang, dan karena terasa agak lelah, kami bertiga tidur. Kemudian, sekitar pukul 4 sore kami keluar apartemen untuk mencari makanan yang halal di sekitar apartemen. Dan ternyata ada! Namanya Ritz Kebab, enak banget.. dan ada beberapa pilihan, ada kebab pakai nasi juga. Kalau pingin tau search aja di google “Ritz Kebab, Spencer Street, Melbourne”.

Setelah kenyang, kami mengelilingi kota menggunakan tram, jalan-jalan, menikmati Melbourne dengan angin ademnya pada sore hari sampai matahari sudah tidak terlihat lagi. Kami pulang ke apartemen sekitar pukul 23:00. Bersih-bersih badan dan kemudian ngobrol rencana untuk besoknya mau kemana aja. Setelah itu tidur.

Keesokan harinya, 10 Februari 2018, kami bertiga bangun dan keluar apartemen sekitar pukul 12.00, makan di Ritz Kebab lagi (fyi; lokasi Ritz Kebab bersebelahan dengan gedung apartemen). Oh iya, aku mau kasih rekomendasi makanan yang harus dipesan di Ritz Kebab:

1. Chicken Pide (saus mayonnaise)
  2. Chicken Kebab + Mozarella
  3. Gozleme (hampir mirip prata)
  4. Chicken Kebab Meat + rice

Setelah makan, mulai explore lagi!!! Tempat yang kami kunjungi yaitu :

1. Kikki.k Store
    Lokasinya ada di dalem Emporium Melbourne Mall, di Lonsdale Street. Kikki.k adalah stationery brand dengan Swedish design. Karena aku suka banget dengan stationery stuff terutama notebook, jadi aku pingin mengunjungi salah satu store Kikki.k yang ada di Melbourne. Desainnya aku suka, warna-warna pastel gitu sesuai dengan warna kesukaanku, barangnya lucu-lucu banget. Btw, aku juga punya stationery brand, namanya Paper Clipper, jadi sekalian deh aku cari inspirasi dari stationery brand yang udah internasional dan datang ke store-nya langsung. Setelah ke Kikki.k, kami keluar mallnya dan jalan-jalan di sekitar Lonsdale street.

1. Hosier Lane dan sekitarnya (Street Art)
    Tempat selanjutnya yang kami kunjungi yaitu Hosier Lane dan sekitarnya, tempatnya street art gitu. Sebenernya, sebelum ke Hosier Lane kami ingin mengunjungi Victoria Market tapi ternyata waktunya nggak pas. Udah kesorean banget, sekitar jam 5 an sore kami kesana dan Victoria Marketnya sudah pada tutup. For your info; Victoria Market adalah salah satu pasar tradisionalnya Melbourne, biasanya tutup jam 5 sore dan buka dari jam 10 pagi.
    balik lagi ke Hosier Lane, Disana kami menyusuri jalan dengan berjalan kaki, masuk ke gang-gang kecilnya, banyak terdapat gambar-gambar atau mural di tembok gang-gang itu. Street art. Orang-orang banyak berfoto ria disana. Di sepanjang jalan banyak café-café kecilnya juga. Ramai. Menyenangkan sekali untuk dinikmati.

1. Yarra River
    Setelah berjalan-jalan dan menikmati street art di sekitar Hosier Lane, kami berpindah tempat ke Yarra River. Nyore disana. Sambil melihat matahari terbenam (sekitar pukul 20.30) dan menikmati Yarra River di sore hari aku, Om Ary dan Dek Nabila duduk di pinggir sungai sambil makan kentang goreng, bekal yang kami bawa dari Ritz Kebab tadi siang. Banyak orang berlalu lalang, ada yang sedang lari berolah raga, ada yang sedang jalan-jalan saja bersama kawan-kawannya, ada yang menikmati sungai dari cafe pinggir sungai, ada juga yang sama seperti kami, menikmati sungai sambil duduk di kursi yang disediakan di pinggir sungai.

Setelah dari Yarra River, nggak kerasa hari sudah mulai malam dan kami pulang ke apartemen. Sampai di apartemen sekitar pukul 22.30. Setelah sampai apartemen, kami bersih-bersih dan membahas rencana untuk esok hari. Hari kedua yang cukup menyenangkan! <3

Cerita Melbourne Fun Trip akan aku sambung lagi ke hari ketiga dan keempat nanti :D

All photos by me.

Wah serunya, di tunggu cerita berikutnya Salma