Boleh Menyesal Asal Jangan Kelamaan

in #indonesia6 years ago

Dalam hidup sehari-hari kita sering kali mendengar kata menyesal, biasanya kata ini diucapkan pada saat kita mengalami perasaan bersalah terhadap sesuatu yang telah terjadi.

MENYESAL+2.jpg

Source

Saya menyesal, saya berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan lagi
Saya menyesal dan akan berusaha memperbaikinya lagi dikemudian hari

Begitulah kiranya gambaran untuk melukiskan keadaan kala seseorang diliputi perasaan bersalah yang disertai penyesalan.

Kita tahu penyesalan selalu datang diakhir, kalo datang diawal itu namanya pendaftaran, ya kan?

Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan seorang kawan lama, singkat cerita kami bernostalgia dan kemudian larut dalam cerita. Maklum ya ibu-ibu kalo sudah bertemu kadang suka kalap cerita kesana kemari. Dari cerita tersebut saya bisa menarik kesimpulan yang intinya kawan saya ini menyesal karena telah menghabiskan dana puluhan juta untuk berinvestasi yaitu dengan jalan membuka bisnis kuliner yang sekarang ditekuninya. Jatuh bangun dia alami, kegagalan demi kegagalan dilaluinya.

Penyesalan itu pasti datang, mengingat kawan saya ini dulunya adalah seorang yang bisa dibilang sudah cukup mapan dengan pekerjaan dan posisi yang cukup nyaman. Tapi ternyata dia lebih memilih pensiun dini dan memutuskan untuk menjalankan bisnis dengan jalan membuka usaha.

Apa yang dilakukannya ini tentu penuh resiko, pro dan kontra tentu ada. Apalagi saat bisnisnya ternyata mengalami kegagalan dan nyaris bangkrut. Perasaan bersalah dan penyesalan yang mendalam membayangi kawan saya ini selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan sampai sekarang.

Apa yang dialami teman saya ini mungkin juga sudah dialami teman-teman yang memiliki bisnis. Kegagalan itu adalah hal yang wajar, namanya juga bisnis. Kalo tidak pernah gagal bagaimana kita bisa belajar.

Bukankah ada sebuah pepatah bijak yang mengatakan pengalaman adalah guru yang paling berharga.

Dari kegagalan-kegagalan inilah kawan saya ini berhasil menjadikan penyesalan menjadi sebuah motivasi untuk segera mengambil sikap dan bangun dari keterpurukan.

hope1.jpg

Source

Poin penting inilah yang kemudian saya tangkap dan maknai sebagai sebuah proses. Begitulah seharusnya sikap mental seorang entrepreneur. Jangan memutuskan untuk menjadi pengusaha jika kita masih kerap dihantui perasaan takut gagal.Jangan buru-buru terjun ke dunia bisnis jika kita masih belum punya mental yang kuat.

Dunia entrepreneur itu penuh dengan resiko, kita tidak pernah bisa memprediksi apa yang akan terjadi di kemudian hari. Dan seorang entrepreneur sejati adalah dia yang berani mengambil resiko tanpa penyesalan atau mereka yang mampu keluar dari rasa penyesalan dan segera bangkit karena sadar jika semua tidak berhenti sampai disini.

Berhenti sama dengan menyerah, selama kita tidak berhenti percayalah selalu ada jalan lain menuju ke Roma

Salam Sukses,

Terima kasih kepada Curator Indonesia @aiqabrago, @levycore, dan teman-teman Komunitas Steemit indonesia atas dukungannya.

U,F,R.jpg

Logo.jpg

Sort:  

Betul sekali mbak @ririn. Terlalu lama dengan perasaan menyesal hanya akan membuat peluang kita untuk bangkit akan semakin sulit. Buang-buang waktu saja.

Nah ini setuju sekali @rejacole, sayang kalo waktu kita terbuang hanya untuk menyesal terus menerus. Segera move on dan belajar untuk perbaiki kesalahan kamarin.

betul juga :)

Iya, kelamaan menyesal sama saja membuang kesempatan hidup. Harus berani move on.

Betul mas, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan pada prakteknya. Tapi itu tadi terlalu lama menyesal akan banyak kesempatan lain yang di lewatkan.
Terima kasih mas @dsatria

Iya Mbak @ririn, nasehatmu sangat keren Mbakku. Salam utk rekan2 KSI Semarang.

Siapp..semoga kelak bisa kumpul-kumpul bareng ya rekan-rekan KSI

salam juga mas :)

betul sekali mbk, daripada menyesali sesuatu hal dengan lama mending mikir untuk maju kedepan

Sipp @doyanphotography, jangan buang waktu hanya untuk itu. Menyesal lalu tidak melakukan apa-apa sama juga dengan melakukan kesalahan kedua.

betul banget mbk @ririn. lebih baik memikirkan kehidupan kedepannya

iya betul mas kalau kelamaan nyesalnya nggak maju2 akhirnya

nah itu bang hehehe

Saya rasa teman mbak tidak seharusnya berbisnis. Sebelum berbisnis yang paling penting mengetahui dulu kita berjiwa bisnis atau bukan, banyak orang gagal bisnis karena pada dasarnya tidak berjiwa bisnis.. biasanya kalo orang berjiwa bisnis begitu gagal bisnis dy gak bakalan menyesal dy akan berpikir bagaimana caranya kembali bangkit...
Thanks
#satujiwa #indonesia

Nah pelajaran ini yang saya tangkap dari kawan saya yang menyesal karena mengalami kegagalan tapi segera bangkit karena sadar hidup tidak lantas berhenti sampai disini.
Sipp thanks sudah berbagi @laepower, salam.

Betul, betul, belajar dari mana saja
Salam @ririn
Thanks

aduh mau komentar apa lupa saya.... bersedih seperlunya, senang ada batasnya dan besyukurlah terus menerus.

Saking semangatnya sampai kelupaan ya mau nulis apa ya. Nice quote @happyphoenix

Saya coba menulis komentar dulu biar banyak teman karena masih baru di sini. Sudah saya follow, jangan lupa datang ke blog saya.

Selamat bergabung di Steemit @kaoy, sukses buatmu

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64275.02
ETH 3139.81
USDT 1.00
SBD 4.14