Terapi Strees Jaman Now

in indonesia •  14 days ago

Holaaa Steemians, Eh ketemu lagi ya, mengawali aktivitas pekan ini aku ingin sharing tentang sebuah aktivitas yang seru dan sayang kalo nggak dibagi.

Selama tujuh hari dalam seminggu seseorang pasti memiliki satu hari yang dikhususkan untuk rehat sejenak dari rutinitas harian yang itu dan itu saja. Tidak di pungkiri kesibukan dalam belajar ataupun bekerja kadang membuat seseorang merasa lelah, jenuh dan jika ini berlangsung secara terus menerus bukan tidak mungkin strees akan melanda.

color_8.jpg

Source

Setiap individu memiliki permasalahan yang berbeda, mulai dari kerjaan yang menumpuk, tekanan di lingkungan kerja, kemacetan di jalan adalah beberapa contoh yang dapat memicu terjadinya stress. Dan untuk itulah pentingnya seseorang mengontrol dan mengatasi strees agar tidak berkepanjangan sehingga menyebabkan munculnya masalah baru, yaitu penyakit.

Belakangan aku mengunjungi salah satu toko buku ternama di Semarang, di sana aku melihat ada sebuah tulisan terpampang lumayan besar, begini kalimatnya.

Mewarnai, tren baru meredakan strees

Karena merasa tertarik, kulangkahkan kaki menuju salah satu rak yang di sana sudah berjajar aneka buku bertema fun doodle art atau coloring book for adult. Sebelumnya aku memang pernah membaca sebuah artikel yang menjelaskan tentang aktivitas mewarnai sebagai salah satu cara untuk mengatasi stress.

Why? Kenapa bisa begitu ya. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kok bisa. Nah ternyata metode ini sudah cukup lama populer di beberapa kalangan. Konon, aktivitas mewarnai ini dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan rileks.

Tanpa pikir panjang, akupun juga ingin mencoba aktivitas tersebut. Dan, taaaraaaaa alat tempur sudah kusiapkan.

color_1.jpg

Jujur saja, sebagai pemula aku merasa kebingungan harus mulai dari mana. Jangankan untuk menentukan warna, dalam proses pemilihan pensil warna saja aku sudah di hadapkan dengan berbagai pilihan. Tapi ya sudah kembali lagi, tujuan dari aktivitas ini kan untuk mengatasi strees jadi aku nggak terlalu ambil pusing untuk hal ini.

Setelah membaca-baca dari berbagai artikel mengenai aktivitas mewarnai ini akupun mulai mewarnai buku yang sudah dibeli tadi. Aku buka halaman demi halaman, memang semakin kebelakang pola gambarnya juga semakin susah dan terlihat begitu rumit.

color_5.jpg

Source

Nah inilah pola gambar pertama yang akan diwarnai, sebuah kupu-kupu.

color_2.jpg

Entah sudah berapa lama ya aku tidak melakukan aktivitas mewarnai seperti ini, mungkin terakhir saat masih SD. Hal ini juga yang nampaknya membuatku merasa kaku dalam mengoleskan warna-warna yang sudah aku pilih.

Di awal-awal aku sempat berhenti lama, hal ini karena aku merasa bingung memadu madankan warna. Tapi salah seorang teman memberitahuku, jika aktivitas ini adalah just for fun. Jadi kita bebas memilih dan menentukan warna yang sesuai dengan yang kita harapkan. Mungkin dari sini jugalah kemudian mewarnai bisa dikatakan sebagai aktivitas yang dapat memicu kreativitas.

color_3.jpg

Warna demi warna aku goreskan, ternyata seru juga aktivitas mewarnai ini. Selain bisa menumbuhkan perasaan senang, aktivitas ini begitu santai dengan gerakan tangan yang berulang-ulang mengoleskan warna pada gambar. Menurut beberapa psikolog jika aktivitas ini dilakukan secara berulang-ulang bisa menimbulkan perasaan yang nyaman.

Color_4.jpg

Meski baru sekali mencoba mewarnai, aku sudah merasakan sensasi yang luar biasa. Tak hanya menimbulkan perasaan senang, lebih dari itu aktivitas ini dapat membuatku belajar lebih fokus terhadap sesuatu.
Mungkin awalnya kita akan jenuh karena satu gambar saja membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi untuk pemula seperti aku ini, hihihi

Color_6.jpg

Sebelumnya aku nggak pernah tahu karena belum merasakan sendiri seperti apa efek yang di timbulkan dari aktivitas ini, setelah mencobanya meski baru sekali ternyata mewarnai ini menjadi sarana relaksasi di tengah aktivitas yang padat merayap lho.

Setelah kurang lebih dua jam berkutat dengan gambar kupu-kupu, beginilah hasil akhirnya.

Color_7.jpg

Nah sampai sini dulu ya bisa aku bagi, mungkin nanti kalo sudah beberapa gambar berhasil di selesaikan aku akan menulis kembali tentang aktivitas ini.

Sampai jumpa postingan selanjutnya ya...

Terima kasih kepada Kurator Indonesia @aiqabrago dan @levycore, kepada teman-teman Komunitas Steemit Indonesia serta kepada pelaku dan pecinta seni di manapun berada. Mari saling berbagi, mari saling menguatkan.

PP Steemit_1.jpeg

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  trending

menulis dan menggambar itu memang relaksasi yang saya lakukan juga... menyenangkan...

·

Asik ya mba kalo bisa melakukan keduanya, kalo aku menggambarnya yang belum bisa mbak, hehhe
Sementara mewarnai dulu sambil belajar bikin doodle :D

Mewarnai, jujur saya suka tetapi mewarnai gambar yang di postingan ini kok rumit ya? Saya pusing hehehe
Kayaknya butuh orang yang fokus dan konsentrasi tinggi, punya ide dan kreatif.
Tapi hasilnya bagus dan menarik.
Keren

·

Bener banget, gambarnya memang terlihat rumit apalagi semakin ke halaman belakang mungkin satu gambar bisa sehari dua hari buat nylesein. hehehe
Ini saya juga baru banget melakukan aktivitas ini.

Hebat si kakak ini... mampu menyelesaikan dlm waktu 2 jam... kalo saya ga tahan mungkin karena tidak hobi kali ya...

·

Karena gambarnya belum terlalu rumit mungkin jadi bisa rada cepet. Nanti kalo sudah ke helaman-halaman selanjutnya kayaknya nggak bisa kalo sejam dua jam buat nylesein, hihiih

Sepertinya seru nih :D

·

Iya kak seru ini, coba aja.

Keren Mba @patriciadian. Gambarannya bagus
Kalo saya benar2 ndak bisa gambar,,hehee...

·

Saya juga nggak bisa gambar mbak, makanya pilih mewarnai aja, hehehe

·
·

Zaman SD kalo disuruh menggambar, paling pol gambar pemandangan gunung dan sawah Mba,,,@patriciadian. hehehee

·
·
·

sama mbak, plus ada mataharinya nongol, hehehe

Kata orang, salah satu cara supaya otak kiri kita bisa berfungsi dengan baik harus sering melihat gambar warna warni, atau juga dengan menggambar warna warni

·

Tepat sekali Kak @jaff, ini yang kemudian bisa mengasah kreativitas.