Subsidi Listrik Tepat Sasaran

in #indonesia7 years ago (edited)

Jam 8.30 WIB saya sedang duduk ngorbrol dengan rekan-kerja saya diruangan pelayanan. Tiba-tiba salah seorang team pengamanan saya masuk memberitahukan bahwa ada seorang ibu-ibu yang minta bertemu dengan saya. Beliau tidak mau ketemu dengan yang lain melainkan harus dengan saya.

20180201_181843.jpg

Saya beranjak menuju ke ruang tunggu untuk menjumpai beliau. Disana Saya melihat ada seorang ibu paruh baya sedang duduk dikursi tamu menunggu kedatangan saya.

Saya mengenalkan diri dan bertanya maksud kedatagan beliau menjumpai saya. Ternyata beliau menyampaikan keluhan tentang beban rekening listrik yang beliau bayar setiap bulannya dan memohon agar bisa dimasukkan dalam pelanggan yang berhak mendapatkan subsidi listrik.

Screenshot_20180201-161304.jpg

Dear steemians, beberapa waktu lalu saya pernah buat postingan terkait tata cara mendapatkan subsidi listrik di media ini juga. Subsidi listrik tepat sasaran adalah domainnya pemerintah dalam hal ini kementrian ESDM dan ini tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 28/2016 tentang tarif tenaga listrik PT PLN (Persero). Sebelumnya, berdasar Permen tersebut dua tahapan awal pencabutan subsidi listrik bagi RTM pelanggan daya 900 VA sudah dilakukan pada 1 Januari 2017 dan 1 Maret 2017.

Screenshot_20170509-101346.jpg

Sementara itu, subsidi listrik bagi rakyat miskin diberikan dengan merujuk pada kriteria penduduk miskin yang jelas, semisal hanya diberikan kepada pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sehingga teknisnya, subsidi diberikan dengan cara mengurangi tarif listrik dari total tarif yang semestinya dibayarkan merujuk pada KKS yang dimiliki.

Screenshot_20180201-161244.jpg

Satu-satunya kekurangan dari mekanisme ini yaitu jika data penduduk miskin (baca: pemegang KKS) yang digunakan sebagai dasar acuan pemberian subsidi tidak akurat. Maka itu, pemerintah seyogianya menyediakan akses yang mudah dan sederhana bagi masyarakat untuk melaporkan perubahan kondisi ekonomi yang terjadi, baik bagi diri sendiri maupun masyarakat lain.

Langkah ini tidak saja penting dalam kerangka menjamin penyaluran subsidi listrik tepat sasaran, tetapi kebijakan subsidi dan program pemerintah lainnya yang juga berorientasi pada (perbaikan kesejahteraan) penduduk miskin.

Sahabatku, PLN tidak mengurusi masalah subsidi listrik, PLN hanya operator yang melaksanakan kebijakan. PLN hanya bisa mengarahkan tata cara pengurusan subsidi namun keputusan berhak atau tidak untuk mendapatkan subsidi adalah domainnya pemerintah.

screenshot_20170617-160716.jpg

Terimakasih sudah membaca postingannya saya ini semoga bermanfaat.

https://m.detik.com/news/kolom/d-3523031/menjamin-subsidi-listrik-tepat-sasaran

Tidak ada yang pintar dalam hal ini, yang ada adalah kemauan. Keep spirit, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

No one is smart in this case, there is a will. Keep spirit, the process will not betray the results.

Screenshot_20180122-160937.jpg

So friend Steemians, thank you for reading my writing. Let's continue today's activities, hopefully today is better than yesterday. Keep spirit steemians.

Sumber foto dari Album pribadi
Photo source from private album

Thanks for steemians who have read and visited on my blog.

Salam Komunitas Steemit Indonesia
Regards Steemit Indonesia Community
@mukhtar.juned

Screenshot_20170806-074925.jpg

KSISTEE.gif

Sort:  

Informasi yang sangat bermanfaat. Terima kasih @mukhtar.juned 😀

mantap that memang postingan MJ, munyo ka ahli memang meunan

Pane na ahli, droe neuh lah yg kraaak

Bapak selalu memberi informasi tentang listrik.
Terimakasih @mukhtar.juned

Selalu ramah ya bang dengan semua orang..

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by mukhtar.juned from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Saya salut kepada pak @mukhtar.juned yang selalu ramah kepada setiap konsumen. Mantap pak,, 👍👍

Memang MJ mampu. Sudah saya vote ya.

Puncak gunong ...khak

Jadi tahu banyak tentang subsidi listrik.
Oh iya pak terimakasih banyak saya jadi banyak mempelari hastag karena komentar bapak dihalaman saya...
Semiga bapak masih mau memberikan kritikan dan saran yang membangun, saya sangat mengharapkanny dari semua steemians semua.
Salam garang @jubagarang

Bagaimana tanggapan ibu itu Bang?

saleum bang @mukhtar.juned, Jino Hana susahle untuk cari tau informasi tentang listrik, cukop ngen Jak bak postingan bang @mukhtar.juned😄

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 58861.70
ETH 2499.51
USDT 1.00
SBD 2.48