Cuaca Panas Melanda Aceh Dan Sekitarnya, Dan Tipsnya Supaya Tetap Nyaman

in indonesia •  last month

image


Panas... Panas... Panas ! Padahal udah bulan Maret, tapi kok hujan nggak turun-turun ya ? Biasanya di Aceh itu cuacanya 33 derjat, tapi sekarang 35 sampai 38 derjat. Saya penasaran juga, kenapa ya. Soalnya tahun lalu kan normal-normal aja, bulan Maret itu hujan. Jadi menurut sumber yang saya baca ini jadi untuk wilayah Aceh, hujan saat ini masih kurang, atau tidak terlalu banyak terjadi. Karena di prediksikan untuk wilayah Aceh Utara, awal musim hujan akan terjadi November, hingga Desember.

Nah kenapa ini bisa terjadi ? Karena di prediksikan ada fenomena elnino. Fenomena elnino itu apa sih sebenarnya ? Fenomena elnino itu adalah atsmosfir global di wilayah pasifik, yang bisa menyebabkan kondisi kurang hujan di wilayah Indonesia. Dan itu yang menyebabkan kenapa terjadinya periode musim, awal musim hujan yang mundur di wilayah Indonesia dan sekitarnya.

Nah, jadi karena itu sahabat Steemian, karena fenomena elninonya lemah. Makanya kondisi hujan di wilayah Indonesia itu rendah. Nah tapi kalau kita lihat tahun 2017, fenomenanya itu La Nina, di mana kondisi hujannya meningkat, dan musim hujan sudah terjadi pada pada mulai terjadi pada bulan Februari. Sementara tahun 2018, tahun lalu itu fenomena elninonya normal, sehingga musim hujan baru mulai terjadi di bulan Oktober. Karena itu di wilayah Indonesia, terutama pulau Sumatera dan Jawa, sekarang cuacanya panas.


image

Oke, sekarang saya mau ngasih tips-tipsnya nih, supaya untuk tetap fit dan nyaman, di cuaca seperti ini.

Yang pertama, jangan lupa untuk konsumsi air putih 8 gelas perharinya. Karena tubuh kita kan 75% mengandung cairan. Nah, jadi kalau kita tidak mengkonsumsi air sebanyak itu, tubuh kita akan terasa dehidrasi dan bisa menyebkan lelah. Karena menurut salah satu sumber yang saya baca, kalau perharinya kita kekurangan air 1,36% cairan aja, itu bisa mengganggu konsentrasi, bahkan sakit kepala.

Yang kedua, kalau mau melakukan aktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk pakai sunblock. Karena paparan sinar UV ini bisa membahayakan kulitmu. Mulai dari kulit menjadi kering, fleg hitam, keriput, jerawat, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. So, mulai sekarang, jangan lupa untuk pakai sunblock minimal.

Yang ketiga body lotion, Nah, yang satu ini body lotion, banyak yang nggak suka pakek. Karena katanya berminyak, dan juga lengket. Padahal di cuaca yang seperti ini, body lotion itu penting banget untuk tubuh kita, karena bisa untuk melembabkan kulit. Terus kalau kulit kita lembabkan, jadi bisa terhindar dari jerawat. Setelah itu pilih body lotion yang ada kandungan AHA nya, karena kan kandungan ini bisa membuat kulit kita cerah, bebas kusam, dan juga menjauhkan dari kemungkinan fleg hitam.

Yang ke empat masalah pakaian. Kalau saya sih nggak takut hitam, makanya pakai lengan pendek nggak apa-apa. Tapi kalau memang yang takut hitam, bisa aja pakai pakaian yang tertutup. Maksudnya yang tertutup itu lengan panjang, yang bahannya tipis, kalau bisa yang menyerap keringat, dan bebas dari cuaca panas, contohnya katun.

Gimana tips dari saya ? Nah di praktekin ya, biar kalian bisa melakukan aktivitas di dalam, maupun di luar ruangan, di cuaca seperti ini. Oke, saya pamit undur diri, selamat mencoba.😃

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!