Berburu Dollar ke Australia dengan Work Holiday Visa (WHV)

in #indonesia6 years ago (edited)

Saya masih ingat pada tahun 2010 yang lalu ketika masih duduk di bangku kuliah. Saya dan para teman seperjuangan punya impian untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Impian ini muncul setelah kami berhasil menaklukkan Puncak Gunung Sinabung. Benua yang masuk daftar catatan kami tentu saja Benua Eropa, Amerika dan Australia.

Inilah titik awal yang mendorong saya harus bisa menginjakkan kaki ke luar. Benua pertama yang menjadi pilihan saya waktu itu adalah Benua Australia. Tentu kalian bertanya kenapa Australia, kenapa tidak Eropa atau Amerika? Jawabannya akan saya jelaskan ditulisan berikutnya.

Sejak memutuskan memilih Australia, Saya langsung berjanji kepada diri saya sendiri “Stempel negara pertama di paspor saya harus Australia.” Tidak boleh negara lain seperti negara tetangga yang sangat mudah kita masuki. Cukup urus paspor lalu pergi satu atau dua hari ke negara sebelah.

Sejak saya berjanji pada diri saya sendiri, saya langsung rajin mencari informasi tentang negara Australia.Saya juga mencari info tentang orang-orang sudah pernah ke Australia. Tidak disangka ternyata beberapa dosen saya pernah ke Australia dan bersekolah di sana. Tidak menunggu lama saya langsung menjalin hubungan dengan mereka. Menggali info sebanyak mungkin dari mereka.

@Gora.JPG Foto Harbour Bridge diambil dari atas Ferry

Jalan Selalu Ada

Satu tahun kemudian, tepatnya akhir tahun 2011. Keinginan saya untuk menginjakkan kaki ke Australia seperti mulai sirna. Info yang saya dapat dari dosen sekaligus mentor saya itu membuat harapan saya layu sebelum berbuah.

Ternyata uang jaminan di bank yang dibutuhkan untuk mengurus visa ke luar Australia sangat banyak. Tidak tanggung-tanggung jaminan yang diminta minimal di atas 100 jutaan. Belum lagi persyaratan yang lain seperti; SIUP atau Akte Pendirian Perusahaan, Sponsor dan yang lainnya.

Wah, dari mana dapat uang sebanyak itu. Orang tau saya aja seorang petani kecil. Semua harta orang tau saya dijual juga tidak akan dapat uang sebanyak itu. Oke, saya bisa bekerja dulu untuk mengumpulkan uang ke sana. Tetapi butuh berapa tahun agar terkumpul 100 juta? Sepertinya pertanyaan ini tidak perlu saya jawab. Kita cukup menghitung dalam kepala kita masing-masing. Namun, satu hal yang pasti gaji fresh graduate tidak akan bisa mewujudkannya dalam waktu dekat (katakan satu sampai dua tahun). Itu sudah jelas, you know what I mean.

@Gora_Watshon Bay.JPG

Keinginan untuk mendapat stempel pertama dari negara Australia mulai pudar. Stempel negara tetangga sepertinya lebih menggoda dan mudah didapat. Ditambah promo tiket dari Medan selalu menggiurkan. Cukup dengan uang 150 ribu kita sudah bisa terbang pulang pergi. Sungguh menggoda memang, tetapi hati kecil saya menolak. Tidak mau mendapat stempel pertama dari negara lain kecuali Australia.

(Meskipun pada titik ini, saya masih ragu. Apakah bisa? Soalnya, titik terang itu tidak juga kelihatan.)

Di tahun yang sama, tepatnya 12 Desember 2011 saya akhirnya lulus. Pada tanggal 26 Februari 2012 saya mengikuti acara perayaan wisuda. Sebelum perayaan wisuda berlangsung saya dan mentor saya sudah menandatangi kontrak kerja selama satu tahun di sebuah perkebunan. Waktu itu saya tidak punya pilihan lain kecuali bekerja dan mengumpulkan uang. Setelah beberapa bulan bekerja, impian saya untuk pergi ke Australi tidak pernah sirna. Mentor saya selalu memberikan semangat kalau saya pasti bisa pergi.

Tidak disangka, ternyata di kantor ada seorang mantan alumni University New South Wales baru masuk bekerja. Dia baru saja lulus dari University New Sout Wales (UNSW). Saat itu kami berada dalam satu ruang kerja sehingga dengan mudah saya bisa menggali info tentang Australia. Mendengar keinginan saya yang kuat untuk pergi ke Australia. Dia menceritakan ada sebuah program work holiday visa ke Australia. Mendengar itu, semangat saya kembali membara. Jalan menuju Australia semakin terbuka dengan adanya program work holiday visa atau lebih sering disebut program WHV.

@Gora_Sydney Opera Haouse & Harbour Bridge.jpg

Note: Sampai sekarang program WHV masih berlanjut dan peminatnya sangat banyak tiap tahun. Tahun ini pendaftarannya akan dibuka sekitar bulan Juni. So, segera persiapkan diri untuk ikut WHV.

Sort:  

Congratulations @gora! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.032
BTC 59329.11
ETH 2528.70
USDT 1.00
SBD 2.47