Apalah Arti Sebuah Nama | Ju'al si Kecoa Jantan

in #indonesia5 years ago

20190404_221407_0001.png

3 Hal yang pada akhirat nanti, seorang anak akan menuntutnya kepada Bapaknya.

Datanglah seorang Bapak yang sudah tua menghadap Rasulullah SAW untuk mengadu perilaku anaknya. Bapak tersebut adalah seorang yang sangat saleh.

Ya Rasulullah, aku mempunyai seorang anak yang sangat buruk akhlak & perbuatannya. Dia tidak pernah mau menyembab ALLAH, hidupnya selalu dia habiskan dengan berbuat maksiat.

20190404_222114_0001.png

Sedang asik-asiknya sang Bapak menceritakan tentang anak tsb, tiba-tiba anak tsb lewat di hadapan mereka. "Ya Rasulullah, itulah anak saya." Kata Bapak saleh tsb.

Baiklah jika demikian, nanti aku akan berbicara langsung dengan anak Bapak tsb. Rasulullah menutup pembicaraan.

Beberapa Hari kemudian, anak tsb datang menghadap Rasulullah. Wahai anak muda, benarkan Polan Bin Polan adalah Bapakmu? Benar ya Rasulullah. Sahut anak tsb. Benarkah apa yang Bapakmu sampaikan, bahwa kamu seorang anak yang tidak berbakti kepada Ibu Bapakmu, hidupmu kamu habiskan untuk bermaksiat kepada ALLAH SWT? Benar ya Rasulullah. Sahut anak tsb. Tapi Ya Rasulullah...

Tapi apa? Tanya Rasulullah.
Tapi ya Rasulullah, saya tidak berbakti kepada Ibu Bapak, Saya Bermaksiat kepada ALLAH SWT, itu semua bukan salah saya ya Rasulullah. Tambah anak tsb. Jadi salah siapa? Tanya Rasulullah. Salah Bapak Saya, ya Rasulullah.

20190404_222819_0001.png

Walaupun Bapak saya seorang yang saleh bahkan menghabiskan hidupnya untuk beribadat pada ALLAH. Namun Bapak saya lupa akan sesuatu ya Rasulullah.
Bapak saya:
1. Tidak memberikan Ibu yang baik buat saya ya Rasulullah.
2. Tidak mengajarkan ilmu agama kepada saya ya Rasulullah.
Dan yang terakhir ya Rasulullah. Bapak saya:
3. Tidak memberi nama yang baik buat saya ya Rasulullah.

Nama kamu siapa nak? Tanya Rasulullah?
Nama saya Ju'al.

20190404_224203_0001.png

3 Hal tersebut diatas menggambarkan betapa peranan seorang Ayah sangat berperan dalam tercapainya Sakinah si anak. Baik Sakinah di dunia maupun Sakinah yang Abadi di Akhirat.

Ternyata Ju'al lahir seorang Budak (Ibunya) yang sama sekali tidak memiliki ilmu agama. Padahal Ibu adalah Madrasah pertama bagi si anak.

Lebih Dan kurang demikian ceritanya. Semoga dapat kita ambil hikmahnya.

Regard,
@ekafao

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 61122.11
ETH 2972.46
USDT 1.00
SBD 3.66