Kerusakan Lingkungan

in indonesia •  27 days ago

Halo teman-teman Steemit. hari ini aku mau menceritakan mengenai kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh masyarakat sendiri.

IMG_7003.jpg

Sore tadi aku mampir kerumah saudaraku untuk silahturahmi karena sudah lama tidak kesini. jalan menuju rumah saudaraku ternyata sudah banyak berubah. ada sebuah jembatan yang baru saja diperbaiki oleh pemerintah. sesampainya dirumah saudaraku aku tanya mengenai jembatan tersebut, ternyata belum lama ini jembatan itu diperbaiki. aku penasaran melihat lebih dekat mengenai perubahan jembatan ini, karena aku tadi lihat masih banyak sampah di pinggir kali yang letaknya dekat sekali dengan jembatan tersebut.

IMG_7002.jpg

Sesampainya disana aku melihat banyak sekali sampah dipinggir, di saluran kalinya. aku sempat turun sedikit untuk memotret saluran kali yang banyak dengan sampah tersebut dan aku disitu cukup lama. aku heran aja, kenapa setelah jembatan dan pinggir kali itu diperbaiki tapi masih terdapat tumpukan sampah. ternyata selama aku disana, aku menemukan fakta baru bahwa warga disekitar situ masih membuang sampahnya di kali tersebut. nah ini yang bikin sampah di saluran kali. mau kali itu diperbaiki beberapa kali, tetap saja kalau warga masih buang sampah dikali ya akan tetap saja merusak lingkungan, walaupun perbaikan itu penuh dengan kontroversi . tapi setidaknya pemerintah sudah berusaha memperbaikinya. setelah itu dikembalikan ke warganya untuk merawatnya, bukan malah mengotorinya dengan sampah yang mereka buang ke kali. efeknya tidak hanya di sekitar situ, melainkan banyak sumbatan yang disebabkan oleh sampah di berbagai saluran air yang mengalir tersebut. bisa jadi sampa itu sampai sungai. itulah pr kita semua, karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dan tidak ada yang melarangnya. ayolah kita jaga lingkungan kita dengan baik, bukan malah merusaknya.

IMG_7008.jpg


Terima kasih kepada Komunitas Steemit Indonesia , teman-teman Steemit, @curie dan Terima Kasih kepada para Curator Indonesia @aiqabrago dan @levycore


logo steemit1.png

DISCORD KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

You just received a Tier 0 upvote! Looking for bigger rewards? Click here and learn how to get them or visit us on Discord

Jd pengen bersihin hehe

·

sama bang, kalau bareng" sih kelarnya cpt hehe

Bikin team kuning para Steemian keren pasti ya.
Jadi ingat beberapa waktu lalu di sini
Taipe Taiwan sekarang sering diadakan kegiatan pengajian tabligh akbar. Karena orang Indonesia suka aneh-aneh. Air mancur malah dijadikan tempat cuci tangan, makanan jatuh tak diambil dibiarkan begitu saja. Padahal orang sini masalah kebersihan adalah no satu dan itu kelakuan dari beberapa orang yang tidak tanggung jawab. Sehingga ramailah berita temtang bagaimana tidak disiplinnya orang Indonesia, akhirnya nama pekerja Indonesia terbawa jelek semua, bahkan satu tahun ini pengajian tabligh akbar di sana di larang.
Akhirnya ide muncul dari kami para tenaga kerja yang sangat menyayangi nama baik itu tercoreng hanya ulah satu dua orang yang tak bertanggung-jawab, sekarang para tenaga kerja Indonesia membuat satu team khusus, para relawan yang baik hati untuk meluangkan waktunya menjadi pembersih di setiap acara. Bahkan beberapa waktu sengaja membersihkan tempat-tempat umum seperti pasar sehingga kerja keras itu kembali masuk berita pribumi tentu saja dengan menggandeng nama Indonesia dan akhirnya pemberitaan yang jelek pertama sedikit terhapus terganti dengan yang baik.

Semua itu memang harus ada yang mempelopori, sehingga banyak hati yg tergerak dan bangkit
Nah alangkah amazingnya jika kak @doyanphotography juga bisa menjadi penggerak masyarakat di sana untuk tidak buang sampah sembarangan. Dengan team steemit mungkin 😀
Karena zaman sekarang nunggu orang dulu itu akan sulit harusnya kita dulu yang bangkit 😊

·

ya efeknya juga seperti yang diceritakan mbk @nnaachlam . karena sudah terbiasa,maka ketika dia di tempat manapun juga sama.
salut sama temen-temen taiwan yang mau meluangkan waktunya untuk bersih-bersih dan membuat nama Indonesia menjadi lebih baik dengan gerakan-gerakan postif.
amin mbk, pelan-pelan menyadarkan masyarakat dengan gerakan yang sama seperti diceritakan mbk. karena tidak semudah yang dibayangkan hehe

·
·

Benar kak tidak semudah yang dibayangkan.
Apalagi di negara kita kebaikan saja selalu diembel-embel sesuatu sehingga saat kebaikan itu benar-benar tulus pun orang sudah susah untuk percaya.
Semoga saja setiap dari kita masing-masing yang punya kesadaran betapa pentingnya kebersihan itu karena kembali lagi hanya kesadaran dari dalam diri sendiri yang paling berpengaruh

Banyak oramg yang engga peduli padahal sampah akan berimbas pada semua orang

·

ya begitulah keadaan sekarang, berimbasnya ke semua orang dan nantinya juga ke dia sendiri. karena kalau terus menerus bisa banjir

·
·

Iya ka nanda. Dan kalo tidak di keruk banjir akan terus terjadi. Masalahnya jarang banget ada orang yg mau memulai untuk membersihkannya.

Waduh jadi bak sampah malahan kalinya.

·

iya gitu mbk, budayanya disitu sudah terbentuk. jadi susah untuk mengubahnya.

Ini sangat untuk diprihatinkan sekali. Dengan apa yang sudah dilakukan oleh orang yang tidak mau tau apa jadinya nanti. Jadi bagi siapa saja yang melihat membuang sampah sembarangan maka langkah paling baik adalah melarang dan ajak bicara yang baik baik. Satu orang kita kasih tau lama lama menjadi banyak orang yang tau. Cukup lah simpel, hanya kesedaran dan kemauan dari kita sendiri yang ikhlas. Semoga apa yang kita harapkan tersampaikan

·
·
·

Teruslah maju demi lingkungan kita. Saya berharap maju adalah kerja sama kita yang paling baik