Menentukan Jenis Penelitian - Metode Ilmiah #7

in #indonesia6 years ago

tode.jpg

Sumber-Gambar: Google

Dear Steemian Friends

Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah!

Saya hampir menyelesaikan pembehasan saya terkait beberapa langkah dalam metode ilmiah, dan ini langkah ke enam sebelum langkah terakhir yaitu Menentukan Jenis Penelitian!

Semoga kalian telah membaca 6 postingan di bawah ini, sebelum melanjutkan untuk membaca pembahasan ini, beberapa postingan tersebut, yaitu:
Menemukan Masalah;
Merumuskan Konsep;
Telaah terhadap Penelitian Terdahulu;
Menyusun Kerangka Teori;
Menentukan Sumber Data, dan
Menentukan Bagaimana Penelitian Dilakukan.
Langkah lanjutannya dari metode ilmiah ini adalah Menentukan Jenis Penelitian.


Menentukan Jenis Penelitian yang akan Dilakukan

Poin ini benar-benar harus diperhatikan oleh setiap peneliti dalam melakukan metode ilmiah.
Jika pengakjian atau studi yang dilakukan bertujuan untuk menguji teori atau diistilahkan dengan hipotesa, maka teori dan hipotesa yang sudah disusun harus dikonfirmasi atau diuji dengan data yang berhasil dikumpulkan. Bila hasilnya menunjukkan adanya kesesuaian, maka teori atau hipotesa yang disusun diterima atau sebaliknya ditolak. Sederhananya, konteks ini serupa dengan pendekatan penelitian kuantitatif.

Adapun, jika penelitian yang dijalankan bertujuan untuk mengembangkan teori atau bahkan menemukan suatu teori baru, maka data yang sudah terkumpul dan diproses sesuai dengan jenis data akan disusun sedemikian rupa sehingga menjadi pengembangan teori atau melahirkan sebuah teori baru. Dan konteks ini serupa dengan pendekatan penelitian kualitatif.

wallahu a'lam...

Sumber-Gambar: 1 - 2

Semoga bermanfaat:




Sort:  

Lage tatameng kuliah 8 SKS, mantap Bang terimakasih telah mau berbagi.

sama-sm Syaikh @munawir91. brat buet
hawa tajeep kupi neuh :D

Sudah tiga artikel yang saya baca dari beberapa tahapan, semoga saya bisa memahami semua tahapan - tahapan sampai pada kesimpulannya, walaupun bagi saya terasa agak berat dalam memahaminya, tapi bagi saya ini sangat bermamfaat maka dari itu saya tetap setia menunggu setiap tahapan, terimakasih @doktormuslem

iya aris. sedikit berat, karena setiap tahapan sebenarnya dapat dipecah dan harus ada penjelasan mendalam, hanya saja saya menulisnya scr ringkas dan sederhana. ini pembahasan-pmbhasan scr garis besar saja. smg bermanfaat

Ini berguna bagi yang sedang ikut mata kuliah metodologi penelitian, atau bagi akan membuat penelitian sebagai tugas akhir. Postingan yang sangat bermanfaat.

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63318.34
ETH 3108.17
USDT 1.00
SBD 3.97