GATOT MAKANAN TRADISIONAL ORANG JAWA

in #indonesia7 years ago

Selamat beraktivitas sahabat steemit . Saya mau mengulas artikel tentang makanan , ini adalah makanan tradisional jawa namanya gatot. Gatot sendiri terbuat dari ketela pohon yang di jemur dibawah sinar matahari langsung. Tapi sebelum dijemur ketela terlebih dahulu di kupas , proses penjemuran sendiri berlangsung sekitar 1 minggu tergantung hujan atau tidak , terjadinya gatot sendiri waktu dijemur ketela terkena air hujan lalu terjadi proses kayak penjamuran berubah menjadi hitam seperti ini.

image

Bila sudah nampak hitam gatot diolah lagi dikukus dalam dandang kurang lebih seperempat menit sampai gatot lunak . Bila sudah lunak gatot ditiriskan sampai airnya habis , dan jangan lupa parutkan kelapa sebagai bahan pelengkap. Agar terasa nikmat campur kelapa parut dengan garam secukupnya seperti ini.

image

Nah ini adalah gatot yang siap makan . Sudah saya campur gatot dengan parutan kelapa ditambah garam. Rasa gatot ini sulit saya definisikan seperti apa yg saya rasakan seperti ketela tapi tidak seperti makan ketela kukus , teksturnya kenyal kenyal kayak kikil.

image

Didaerah saya makanan ini jarang saya jumpai , adanya di daerah pegunungan kidul blitar , rata-rata orang daerah pegunungan membuat gatot sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Sort:  

Ini adalah makanan khas daerah pegunungan . Ini bisa didapat dipasar tradisional kawan

Gatot cenil cethil ciwel oyek lan sak piturutipun

Posted using Partiko Android

Coin Marketplace

STEEM 0.33
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66407.27
ETH 3219.07
USDT 1.00
SBD 4.34