Kuntilanak Penunggu Misterius Pohon Ara

in #indonesia6 years ago (edited)

Source

Dari sekian banyak pohon yang mengelilingi rumah hunian kontrakanku, pohon ara inilah yang sangat membuatku ciut nyali, bagaimana tidak, pohon ini tumbuh subur di sebelah beton pagar kontrakanku, entah berapa kali sudah ku menebangnya, tapi dia tubuh subur tanpa memperdulikan tindasan dan penjajahanku, mungkin dia bergumam, "tunggu saja pembalasanku😂", pohon yang sangat lazim kita jumpai didaerah indonesia, biasanya dia tubuh dipinggir-pinggir sungai, buahnya menjadi santapan ikan dan binatang air lainnya. Pohon ara biasanya dimanfaatkan buahnya sebagai penganan, entah itu untuk rujak dan sebagainya, bila di hutan pohon ini berperan penting sebagai pakan dari hewan-hewan liar seperti monyet, kelelawar, burung, bahkan hewan melata sekalipun seperti ular yang ada di dalam hutan.


Fakta unik dari pohon ara yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang adalah tersebutnya dalam semua aliran agama, dalam agama Budha, sidharta mndapatkan pencerahan saat duduk dibawah pohon Bodhi atau bahasa lain dari pohon Ara, tumbuhan ini disebut dengan pohon dunia, yang akar-akarnya menjulang menjadi sumber dari sungai Saraswati. Di agama kristen dan yahudi, Ara pohon ara ini disebut salah satu pohon yang namanya diabadikan di alkitab ibrani dan perjanjian lama dikristen. Sedangkan dalam agama islam nama pohon ini diabadikan dalam salah satu surat Al-Qur'an yang bernama At-Tin, yang mempunyai arti pohon Ara. Hampir semua agama manyoritas menyinggung nama pohon Ara, hal tersebut jadi indikasi khusus kalau pohon ini memiliki sesuatu yang berbeda pula.

Al-kisah, suatu malam ketika saya keluar malam untuk minum kopi (jep kupi nak bek pungo😂), kebetulan saya keluar malam jum'at jam delapan malam seusai shalat isya, seperti biasa warkop kesenangan saya adalah Duta Coffe (dari namanya saja anda sudah tau bagaimana cita rasa kopinya😂), disana sudah ramai menunggu rekan-rekan sekantor dan beberapa kontraktor, seperti biasa, kami ngobar (ngopi bareng) dan ngobek tanpa memperdulikan jam, terlalu asik untuk ditinggalkan dan terlalu sayang untuk dilewatkan, berbagai macam problema kami bahas, dari masalah kantor hingga dunia, kadang kami membahas masalah polemik politik yang terjadi didaerah kita saat ini, dengan narasumber biasanya para wartawan lokal, inilah yang menghilangkan kepenatan setelah seharian kami bergelut dengan permasalahan perkantoran, sedikit banyaknya kepala jadi plong, walaupun pulang larut malam menjadi santapan amarah istri😂.

Sambil melihat jam sudah menunjukkan pukul 23.30, pandangan saya tiba-tiba terarah ke sosok seorang pemuda paruh baya, ya, dia kawan curhat saya, pemuda tanggung ini memiliki keunikan tersendiri, sebut saja namanya khanza, si khanza ini adalah anak indigo, yang mana dia mempunyai kelebihan untuk melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang biasanya, teringat janji dengan dia, saya akan ngasih oleh-oleh untuknya, tiba-tiba dia menghampiri, lalu menanyakan "mana oleh-olehnya bang? " dirumah, bentar lagi kita kerumah ambil ya" jawab saya, "iya" sahutnya.

Tepak jam 24:00 saya bergerak untuk pulang dan istirahat, sikhanza juga mengikuti saya untuk mengambil oleh-oleh yang saya janjikan, sesampai di bawah pohon kelapa di depan kontrakan saya, matanya tertuju tajam kearah pohon ara tersebut, dia tak bergeming berdiri disana, lalu saya samperin dan saya persilahkan untuk masuk kedalam rumah, kalimat yang terlontar dari mulut si khanza adalah "sudah berapa lama abang tinggal disini?, "lebih kurang hampir dua tahun sahut saya", " apa ada pernah diganggu?" tanya dia, saya heran bin bingung, "diganggu sama siapa?" saya bertanya, "di pohon ara itu ada penunggunya" jawab dia dengan mimik serius, "sama seperti penunggu di rumah saya" lanjutnya, seketika bulu romaku berdiri, "kalo tidak diganggu berarti bagus bang" ujarnya lagi, saya hanya diam tanpa berkata, "penunggunya berbaju putih dengan rambut panjang" sambunngnya lagi, dalam hatiku berguman, (apa lagi kalau bukan mbak kuntilanak😥), dengan nada pelan saya berucap lirih untuk menghilangkan ketakutan, "silahkan dia mau dimana aja, asal tidak ganggu saya, ya ngak apa-apa", tiba-tiba si khanza berpamita sambil membawa oleh-oleh dari saya, saya hanya berdiri di depan pintu tanpa berani keteras mengantar dia, si khanza berdiri lagi di bawah pohon kelapa dengan matanya tertuju ke pohon ara, dia melambaikan tangan seakan berpamitan pulang kepada mbak kunti, selepas sikhanza berlalu, kututup pintu rapat-rapat dan ku kunci, langsung aku masuk kedalam kamar, bila teringat apa yang sikhanza katakan tadi, seakan keluar dari kamar akupun ogah😂, aku terlelap dengan pikiran ke mbak kunti, tiba-tiba azan subuh berkumandan, sudah menjadi kebiasaan ku untuk berburu shalat subuh berjamaah di masjid, selepas mandi dan memakai perlengkapan sholat, tiba-tiba pikiran ku melayang lagi, bagaimana kalo aku buka pintu nanti mbak kunti ada di depan pintu😣! aku berputar-putar di dalam kamar sendirian ketakutan untuk keluar rumah menuju mesjid, tiba-tiba sang pikiran penolong hadir dengan senyuman, " apa yang engkau takutkan wahai kawan, didalam kubur nanti engkau sendirian, berbagai macam siksaan dan makhluk akan menakutimu, apa engkau lebih takut kepada mbak kunti dari pada seruan Tuhan mu sebagai Sang Penciptamu?, tanpa pikir panjang dengan linangan air mata aku berlari ke pintu, dan kubuka pintu rumahku berjalan sambil berlari kecil aku menuju rumah Allah, dalam hati ku bergumam, aku hanya takut kepada Mu ya Allah. efek dari si khanza, dua malam berturut-turut aku tidak keluar rumah karena takut😅😅😅.

Malam keempatnya, aku bunuh rasa takutku, aku hadirkan bisikan sahabat penolongku, al-hasil, aku pulang lebih larut malam lagi, kadang jam 1:00 bahkan kadang lebih😂😂😂. Apa yang bisa kita petik hikmah dari cerita saya diatas kawan? semakin kita memikirkan, semakin ciut nyali kita, tetapi semakin tidak kita fikirkan maka perasaan itu akan hilang dengan sendirinya, fikiran itu ibarat tamu, tamu yang berkunjung sebentar akan terasa asik, bila tamu berlama-lama maka kita akan merasa bosan😂😂😂😂. Sekian dan Terimakasih telah membacanya.

Sumber Bacaan

SumberPhoto
CameraFUJIFILM X-A3
LensStandar
LocationBenua Raja kualasimpang

@alaydroes83

Sort:  

Ihhhhhhh seremmmmmmm. ... bereh min...

hahahaj...nyan y jeut teuh

Posted using Partiko Android

Lagee tapreh boh ara hanyoet hahah 🤣

hahahahhaja...that geupap, aleh ho ih ka 🐋🐋🐋

Posted using Partiko Android

Kabeh buhuk dalam kulam thoo hahaha

syeek teuh sang hahah

Posted using Partiko Android

Bereh n mantap ado.... Dibalek kuntilanak, bak ara nyan menandakan bahwa sbnarjih dmn na bak ara inan na mata i yg get untk kehidupan

ohhh nyan baroe loen tupue bang, thank info jih bang

Posted using Partiko Android

This post has received a 15.54 % upvote from @booster thanks to: @alaydroes83.

Hai, hello @alaydroes83! Bagus tulisannya dan telah kami resteem ke 7626 follower yah.. 😁 (Sebutir kontribusi kami sebagai witness untuk komunitas Steemit berbahasa Indonesia.)

Coin Marketplace

STEEM 0.36
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70446.49
ETH 3571.68
USDT 1.00
SBD 4.73