Ramadhan Kita

in #indonesia6 years ago

BULAN penuh kebaikan telah tiba. Ini momentum kita mengevaluasi diri. Mengoreksi apa yang salah. Bagian mana yang tak benar, bagian mana pula yang kurang dari sisi kehidupan kita di dunia ini. 

Sebagai manusia, tentu saya, mungkin juga anda, memiliki kesalahan. Hanya saja ukuran kesalahan kita yang berbeda. Saya percaya tak ada manusia sempurna.

Manusia sempurna menurut hemat saya, sejatinya telah lepas dari urusan dunia. Tak lagi mengejar dunia. Tak pula pusing jika soal uang, apalagi berlomba-lomba mendapatkannya.

Di era serba aneh ini, idiom bahwa segala cara bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Bahasa lain yang tak kalah aneh-mencari yang haram saja susah, apalagi yang halal-aneh tidak? Menurut saya itu sungguh aneh.

Keanehan misalnya, jika seorang untuk mendapatkan posisi tertentu rela menyetor uang. Ini suap. Saya tak begitu paham soal agama. Namun, dalam pemahaman yang saya pernah belajar, suap untuk mendapatkan posisi itu adalah haram. Karena itu pula, maka seluruh dampak yang ditimbulkan, mulai gaji, fasilitas dan lain sebagainya, maka akan haram pula. Mungkin stemians yang ustaz bisa menjelaskan lebih jauh soal ini.

Keanehan lainnya, merasa diri menjadi bos. Menindas bawahan. Atas nama kekuasaan, maka bawahan patut ditindas, tak diperdulikan nasib dan kesejahteraannya. 

Itu suatu keanehan paling masif. Walau saya tak menyatakan semua bos begitu. Masih selalu ada orang baik di bumi ini. Tinggal saja, jumlahnya relatif kecil. 

Ada pula keanehan lain berupa selalu merasa diri benar. Jika berbeda pendapat dengan orang lain, maka orang lain itu salah, karenanya patut dimaki.

Maka, di bulan ramadhan ini, saya mengajak kita semua, termasuk saya dan keluarga saling memaafkan. Saya mohon maaf atas segala kesalahan saya. Tentu, saya pernah khilaf. Pernah salah. Dan saya bukanlah manusia sempurna.

Momentum ramadhan ini pula, saya belajar banyak hal. Mengoreksi kesalahan-kesalahan itu. Sedapat mungkin tak lagi mengulanginya. Jika pun saya khilaf, maka ingatkanlah saya. Selamat ramadhan. Semoga ibadah kita dikabulkan Allah SWT. Amin.

Image source: 1, 2, 3, 4

Sort:  

Marhaban Ya Ramadhan.. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1439 H/2018 M..

Salam KSI...

Selamat datang bulan ramadhan,
Marhaban Ya Ramadhan

Mari saling memaafkan atas kesalahan kita.

Marhaban ya ramadhan, mohon maaf atas semua kesalahanku, apabila selama ini ada kata2 yang menyinggung sahabat sekalian. Salam bang @aiqabrago

Saya juga mengucapkan slamat menyambut bulan ramadhan, smoga bulan ini menjadi momentum bagi kita dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kita. Amin

MARHABAN YAA RAMADHAN
Semoga Allah SWT memberkahi umur dan juga kesehatan bagi kita semua khususnya ummat muslim untuk melaksanakan kewajiban yang ALLAH wajibkan kepada kita semua dalam setahun hanya sekali.Dan juga amalan kita semua selamat dunia dan akhirat.
Semoga dibulan yang berkah ini kita semua diberi rezeki yang halal.
AMIN YARABBALA'LAMIN

Marhaban ya ramadhan. Bulan yg penuh berkah dan ampunan.

selamat menunaikan ibadah puasa..kawan kawan semua...salam kenal bang @aiqabrago..
teman teman bantu follow dan vote aku saya ya @restur
#indonesia

Salam mesra untukmu yang akan menjalani masa lapar dan dahaga, yang mencari berkah dan bekal keselamatan. Beribu doa ikhlas terlantunkan, semoga dibukakan semua jalan. Selamat menempuh pendakian taqwa dibulan Ramadhan, semoga pencapaian mahkota Taqwa berhasil didapatkan. Allahumma amin ya Rabbal 'alamin.. amin amin ya mujibassailin.

Marhaban ya ramadhan wahai Ulil Amri Komunitas Steemit Indonesia.

Semoga di bulan yang bekah dan suci ini dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 64549.55
ETH 3170.62
USDT 1.00
SBD 4.13