SEC16 W4: The diary of a woman Minggu 17 maret 2024 : Menjalankan ibadah puasa dan menghabiskan waktu sore bersama keponakanku

in Steem For Ladies4 months ago (edited)

20240319_022432.jpg

Hallo sahabat steemit semuanya. .!!

Tema yang sangat menarik di minggu keempat Steemit Engagement Challenge Musim 16 dengan tema “Catatan harian seorang wanita” aku adalah seorang ibu rumah tangga tidak ada pekerjaan khusus yang saya lakukan diluar rumah, pekerjaaku banyak dilakukan di rumah dari menyapu, mencuci dan memasak ini adalah aktivitas yang wajib setiap harinya, jika tidak banyak kegiatan maka bersantai, adalah sebuah keuntungan kami para ibu rumah tangga.

Sekarang kami muslim lagi menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh dan hari ini adalah hari ke enam kami berpuasa maka aktivitas yang aku lakukan juga sedikit berbeda, biasanya aku bangun pagi untuk memulai aktivitas rumah seperti biasanya melakukan pekerjaan rumah, belanja dan memasak untuk makan siang, namun yang berbeda di bulan ramadhan ini karna kami harus berpuasa menahan lapar dan haus tidak makan apapun dari pagi sampai sore hari waktu berbuka puasa tiba, karna itu aku mengurangi pekerjaan di pagi hari beristirahat dari pagi sampai siang hari menyimpan banyak energi untuk belanja, memasak dan menyiapkan berbagai hidangan untuk berbuka puasa, namun setiap orang mungkin saja berbeda dan ini adalah aktivitas saya khususnya.

Jika ada yang bertanya apakah tidak capek melakukannya pekerjaan rumah setiap hari, saya akan menjawab kami tinggal di desa dan sudah terbiasa melakukan banyak pekerjaan sendiri, dari kecil dari kami mulai masuk sekolah SMP sekitar umur 12 tahun kami sudah mulai terbiasa membantu pekerjaan kecil dirumah misalnya menyapu atau pun menyuci piring, apalagi setelah dewasa setelah menikah dan memiliki suami kami perempuan memiliki tanggung jawab penuh sebagai istri atau ibu untuk mengurus rumah tangga.

20240317_070952.jpg
pemandangan sawah di pagi hari

Pagi hari bangun jam 04:00 makan sahur menunggu waktu shalat subuh tiba, suara imsak tiba pada jam 05:00 kami sudah mulai berpuasa, dan waktu shalat subuh juga telah terdengar di mesjid dekat rumah aku langsung pergi membersihkan diri ke kamar mandi aku menyikat gigi berwudhu melakukan shalat subuh.

Aku berdoa dan menyimpan mukena di tempat biasa terus aku tarik selimut untuk bobo lagi sampai hari sudah mulai terang mataku masih saja belum mengantuk jadi aku memutuskan untuk keluar rumah jalan jalan menikmati udara segar di pagi hari.

Pagi hari suasana nya sangat sejuk,nyaman membuat hati dan pikiranku tenang, aku berjalan jalan mengambil beberapa gambar pemandangan yang indah dan juga memgambil beberapa gambar bunga liar yang mekar di pinggir jalan dan aku juga memgambil gambar binantang yang ada di depanku, aku memgambil gambar apa saja yang terlihat bagus di depanku.



Pagi hari menikmati udara segar,menikmati pemandangan yang indah di depan rumah

Kemudian aku melihat tetanggaku yang melihat padinya, aku datang memghampiri untuk mengobrol, padi tetanggaku sudah berbuah dan mulai kekuningan banyak burung burung yang singgah di pagi hari,sekarang di indonesia,khususnya daerah kami Aceh lagi musim panas tidak turun hujan sama sekali, musim ini banyak padi yang kurang baik karna kekurangan air, namun padi tetanggaku termasuk tumbuh dengan baik karna cukup air karna sawahnya dekat dengan waduk dia sering minghudupkan mesin untuk menaikkan air kesawahnya.

Matahari mulai keluar bersinar aku pulang melakukan pekerjaan rumah menyapu di halaman mencuci piring kotor bekas makan sahur, setelah melakukan semua pekerjaan rumah aku mandi membersihkan diri matahari sudah keluar suasana masih saja sangat dingin, setelah mandi aku tidur dan bangun di siang hari.


Sore hari bersama keponakanku asfia

Aku bangun siang langsung mandi lagi berwudhu melakukan shalat dzuhur, kemudian aku bersantai di depan rumah bersama kakak dan keponakanku, kami duduk santai sebelum pergi bertempur ke dapur memasak berbagai menu untuk berbuka puasa.

Aku mulai ke dapapur pada jam 15:00 pertama memasak nasi dulu, terus memarut kelapa memasak lauk dan membuat cemilan untuk berbuka puasa, hari ini aku membuat bihun goreng, pisang goreng siap memasak sekitar jam 17:00 aku membereskan dapur mencuci piring kotor baru mandi shalat ashar.

Sore hari aku menghabiskan waktu sore bersama keponakanku asfia, kami pergi ke pasar tanah pasir untuk membeli takjil berbuka puasa, dirumah hari ini kami membuat pisang goreng, tapi kami pergi ke pasar belum tau mau beli apa hahaha, yang penting datang aja dulu.

20240317_170928.jpg
Suasana pasar tanah pasir di sore hari

Setiap sore di persimpangan pasar tanah pasir ada banyak makanan dan minuman yang di jual di pinggir jalan, apalagi sekarang lagi bulan puasa Sepanjang Jalan pasar penuh dengan para penjual takjil untuk berbuka puasa banyak makanan,cemilan dan berbagai minuman segar yang tersedia, jika kami tidak membuat menu apapun dirumah maka pergi ke pasar adalah solusinya.

Perjalan dari rumah kepasar sekitar lima menit kami pergi menggunaka sepeda motor, suasana di pasar masih tidak terlalu ramai masih jam 17:30 biasanya ramai jam 18:00 sampi waktu berbuka puasa hampir tiba, sampai di pasar pertama tempat yang kami kunjungi adalah toko grosir untuk membeli roko dan kopi pesanan abangku.

Kami hanya membeli rokok dan kopi di gosir,keluar dari grosir aku bertanya asfia mau beli apa dan dia katanya mau ayam goreng kfc jadi aku pergi membelinya ayam goreng kfc, aku hanya membeli satu aja untuk asfia, karna aku juga lagi tidak ingin makan ayam goreng, kami hanya membayar 5000 saja untuk satu ayam goreng.

20240317_170809.jpg

Grosir tempatku membeli rokok dan kopi pesanan abangku

20240317_171031.jpg

Tempatku membeli ayam kfc untuk asfia

Setelah membeli yam goreng kfc untuk asfia kami lanjut ke depan di persimpang desa paloh Saat oergi tadi aku melihat bayak orang yang ramai ramai disana jadi aku penasaran apa yang mereka jual, kami memerkirkan motor di depan melihat apa yang mereka jual, rupanya mereka menjual berbagai kue dan minuman.

Mereka telah menyiakan berbagai kue dengan satu cup hanya 5.000 saja selain itu mereka juga menjual gado gado, aku hanya membeli minuman segar saja membeli 3 bungkus sop buah untuk berbuka puasa, untuk kue nya aku benar benar tidak ada selera sekali, benar benar tidak tau mau membeli apa yang enak untuk di makan.

20240317_175658.jpg
Tempatku membeli sop buah

Aku membayar 15.000 untuk tiga bungkus sup buah setelah membayar kami langsung saja pulang kerumah, tiba dirumah ibuku kepingin makan pecal kak syabanah yang berjualan di depan rumahnya yang beralamat di desa Teupin Gapeuh, aku dan asfia lanjut pergi ke arah kanan rumah untuk membeli pecal melewati jembatan jrat manyang baru sampai di pecel kak syabanah kira kira sekitar 5 menit lerjalanan.

Tiba disana rupanya pecelnya habis hahah, seperti kami datang terlambat, pecel disini emang sangat enak sih pantas banget kalo cepat habi, mungkin besoknya saya akan datang lebih awal untuk membelinya, karna pecel habis aku dan asfia langsung putar balik untuk pulang kerumah.

Tidak terasa waktu berbuka puasa telah tiba pada jam 18:45 aku berbuka puasa dengan minuman manis dan menyegarkan sop buah yang aku beli di pasar tadi, aku sangat kehausan setekah seharian menahan lapar dan haus aku minum banyak air dan makan sedikit mie hun goreng dan juga beberapa potong pisang goreng yang kami buat.

20240317_184925.jpg

20240317_184633.jpg

20240317_182148.jpg
Menu berbuka puasa hari ini sup buah,bihun goreng dan pisang goreng

Perutku sudah terisi penuh dengan dua gelas minuman dan gorengan, waktu magrib juga sudah tiba setelah menikmati hidangan berbuka puasa aku bangun pergi berwudhu melakukan shalat magrib, selesai shalat magrib baru makan nasi sedikit.

Jam 20:00 suara adzan isya sudah terdengar di mesjid aku bersiap siap pergi kemesjid untuk shalat teraweh, mesjid sangat dekat dengan rumah hanya satu menit mengendarai motor aku sudah tiba di mesjid, aku pergi ke mesjid sendirian karna ibuku pergi terawih di balai pemgajiannya, kakakku juga memiliki bayi kecil jadi tidak bisa pergi ke mesjid karna harus menjaga anaknya.

Pulang teraweh jam 21:40 dan tiba dirumah perut sudah kembali aku bersantai menikmati sisa hidangan berbuka tadi sore, saat malam semakin larut saya mematikan lampu kamar untuk tidur beristirahat karna subuh harus bangun lagi untuk makan sahur.


Demikian entry saya untuk "the diary of a women" terimakasih untuk semua teman yang sudah berkunjung dan membacanya, semoga harimu menyenagkan.

Ikut mengundang teman-temanku:
@maulina92
@rumaisha
@nurfiana


Diary Game, Minggu 17 Maret 2024.
By @pecintabunga20

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Halo, Terima kasih telah berbagi catatan harian Anda selama bulan Ramadan. Saya sangat terkesan dengan kisah Anda tentang aktivitas sehari-hari, terutama dalam menyambut bulan suci dengan kerja keras, kebersamaan, dan berbagai kegiatan keagamaan. Sungguh menginspirasi melihat bagaimana Anda menjalani hari-hari dengan penuh semangat dan dedikasi. Semoga Anda dan keluarga selalu diberkahi dalam ibadah dan menjalani Ramadan dengan penuh rahmat. Terima kasih lagi telah berbagi cerita ini dengan kami semua.

 4 months ago 

Hi sir, it's an honor for me that you came to comment and visit my blog.

The month of Randhan is a noble and blessed month, where there is only one month in a year, where every pious deed and worship will be rewarded doubly.

Thank you also for your good prayers, all goodness will also return to you and your family. Marhaban yes Ramadhan.

TEAM BURN

Your post has been successfully curated by @kouba01 at 45%.

Thanks for setting your post to 25% for @null.
We invite you to continue publishing quality content. In this way you could have the option of being selected in the weekly Top of our curation team.

Team Burn (1).png

Burning STEEM by sending it to the @null account helps reduce the supply of STEEM and so increase its price.

 4 months ago 
MOD's Observations/suggestions

Thank you for participating in the Steemit Engagement Challenge Season 16 in the Steem For Ladies Community.

Hi @pecintabunga20

It was interesting to go through your diary. Your diary shows how efficiently you are carrying out your daily activities while fasting. It is impressive!

Club Status#club100
Steem Exclusive
Plagiarism Free
BOT Free
AI Free
#Burnsteem25
Score (quality/rules)9.75/10
We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high yield developments with the resources available https://steemitwallet.com/~witnesses
 4 months ago 

Thank you very much for your comments and verification.

 4 months ago 

Your diary entry beautifully captures the rhythm of a day filled with meaningful rituals, family bonds, and the simple joys of daily life. It's inspiring to see how you navigate your responsibilities with grace and resilience. Thank you for sharing your story with us.
Best of luck in the challenge

 4 months ago 

Thank you friends for your comments and support.

 4 months ago 

You shared your best diary game. I really like your post and your food and like you do not cakes. Your full day is so busy. Best of luck for the contest

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 57711.87
ETH 3013.92
USDT 1.00
SBD 2.35