Indahnya Air Terjun Jambuara, Simalungun

in WORLD OF XPILAR3 years ago (edited)

IMG_20200823_100848-01.jpeg

Hallo Sahabat Steemian Penjelajah 🖐️

Tahun baru tentunya semangat baru dong. Meski saat ini kita masih dihantui dengan pandemi covid 19. Sudah mau 1 tahun, hampir semua sektor perekonomian berdampak kurang baik. Tapi kita gak boleh menyerah. Kita harus kuat dan Insyaallah bisa melalui ujian ini.
Amin 😇🙏

Jalan-jalan di masa pandemi aman gak sih?
Sebenarnya kita sebaiknya stay at home, tapi jika memang harus beraktifitas di luar rumah, kita harus disiplin menjaga protokol kesehatan. Di masa new normal ini, sudah banyak tempat wisata yang dibuka. Wisatawan pun sudah ramai yang berkunjung. Saya pribadi sudah mencoba berwisata di masa pandemi ini. Tapi saya tidak asal memilih tempat wisata. Saya tetap mempertimbangkan resiko yang lebih sedikit bisa tertular covid 19. Memilih tempat wisata alam terbuka dan blusukan ke alam bagi saya lebih aman di banding ke tempat wisata yang memungkinkan untuk berkerumun. Dengan pertimbangan tadi akhirnya saya memutuskan untuk berwisata di air terjun, yaitu Air Terjun Jambuara, yang berada di Simalungun, Sumatra Utara, Indonesia.

Air Terjun Jambuara

Air terjun Jambuara berada di desa Aek Komaning, kecamatan Hatonduhan, kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Saya memulai perjalanan dari kota Pematangsiantar. Kebetulan sejak kemarin saya sedang berkunjung di rumah mertua. Saya tidak jalan sendiri, tetapi mengajak Imem yang sekaligus menjadi pemandu saya selama menjelajahi air terjun.

Dari kota Pematangsiantar, kami melaju dengan sepeda motor menuju Tanah Jawa. perjalanan memakan waktu +- 30 menit. Jalan sudah bagus meski dibeberapa bagian sedang ada perbaikan jalan akibat tanah longsor dan banjir. Setelah istirahat dan mengisi bensin di POM bensin, Tanah Jawa, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju air terjun. Perjalanan ke lokasi +- 20 menit. Melewati perkampungan dan kebun sawit. Jalanan sebagian sudah jalan beton, hanya saja di kilometer terakhir jalanan kampung yang berbatu. Sesampainya di lokasi kami langsung parkir dan membayar retribusi, untuk parkir Rp. 5k dan biaya masuk Rp. 5K/orang.

IMG_20200823_095624.jpg


IMG_20200823_095722.jpg

Dari tempat parkir air terjun sudah nampak. Megah sekali. Tapi untuk menuju ke air terjun, kita harus berjalan lagi selama +- 15 menit. Jalanan yang dilalui adalah jalan setapak yang menurun. Saat itu jalanan lumayan licin akibat hujan. Hati-hati juga dengan binatang pacet yang banyak terdapat di kawasan ini.

Baca Juga : Wisata Air Terjun di Simalungun

Akhirnya, sampai juga di lokasi air terjun. Air terjun Jambuara ini lumayan tinggi. Kalau saya perkirakan +- 40 meter. Airnya langsung terjun bebas dengan tampiasan air yang cukup deras. Mungkin karena semalam hujan, jadi airnya keruh. Kabarnya jika sedang tak hujan, airnya jernih dan biasanya pengunjung mandi-mandi di bawah air terjun.

IMG_20200826_125258_015-01.jpg

L O K A S I :

AIR TERJUN JAMBUARA
Desa Aek Komaning,
Kecamatan Hatonduhan
Kabupaten Simalungun
Sumatra Utara
I N D O N E S I A 🇮🇩

Sahabat lasak, saya tidak lama berada di air terjun Jambuara. Cukup melihatnya saja. Mendekat lalu menatapnya dari kejauhan. Lalu saya pamit untuk ke air terjun selanjutnya. Kemana perjalanan kami berikutnya? ikuti terus jalan-jalan bareng kaki lasak di tulisan saya berikutnya ya 😀🙏

Kamis, 07 Januari 2021

"Masa pandemi covid19 ini, jangan lasak dulu ya, di rumah lebih baik"

Kaki Lasak : Steemit -Travel Blogger


kakilasak.jpg


3jpR3paJ37V8JxyWvtbhvcm5k3roJwHBR4WTALx7XaoRove1vYohLk8nRjFcHUdkL9oHK9FEN4VySKVQQ9n1yabsnWrD5ziLgJyKA4efcpo7YycyWiJ9yxPfg45u4x7EfKLnz.png


gl1f7ww6kq.jpg


e9p9nezhh7.jpg


yj0tc2ym17.jpg


Follow Me :
Hive.Blog : Kaki Lasak
Blog/Website : Kakilasak.com
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak
Youtube Chanel : Kaki Lasak TV
Whatsapp +6282166076131

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64106.00
ETH 3129.71
USDT 1.00
SBD 4.16