Burnsteem25 || #Club100 || The Diary Game (Saturday , September 3, 2022) – Pertemuan 12 : Lanjutan Menaksir dan LKBB

in Scouts y sus Amigos2 years ago

Assalamualaikum wr. wb.

20220904_003805_0000.png

Scout Salute

Halo Steemians Scouts y sus Amigos....

Latihan Kegiatan Baris-Berbaris (LKBB) atau Peraturan Baris-berbaris (PBB) merupakan salah satu giat pembelajaran kepramukaan untuk membentuk kedisiplinan. Kedisplinan sangat terlihat pada prajurit TNI yang selalu menerapkan sistem baris-berbaris di dalam latihan militer. Sehingga ada yang mengatakan bahwa Pramuka itu semi militer. Hal ini dikenal karena kedisplinan seorang Pramuka kebanyakan dibentuk dari latihan baris-berbaris.

Pada hari ini saya akan berbagi tentang kegiatan saya mengajarkan ilmu kepramukaan di SMP saya dulu, yaitu SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Untuk hari saya akan melanjutkan materi Menaksir (untuk senior) dan materi LKBB/PBB untuk junior dan senior. Namun sebelumnya saya ingin menceritakan sedikit tentang perjalanan saya ke SMP Negeri 5 Lhokseumawe terlebih dahulu.

Saya berangkat dari rumah jam 13.35 WIB (lebih awal dari kemarin). Karena hari ini latihannya jam 14.00 WIB. Sebelum sampai ke SMP Negeri 5 Lhokseumawe, saya singgah dulu di Apotek Rizki Farma untuk membeli obat mama saya, yaitu obat asam urat. Saya sudah sering membeli obat untuk mama disini. Sehingga penjaga apoteknya sudah sangat mengenali saya.

IMG20220903134858.jpg
Apotek Rizki Farma jalan merdeka, Simpang Empat Kota Lhokseumawe

Setelah membeli obat, saya melanjutkan perjalanan ke SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Begitu sampai di SMP Negeri 5, ternyata sudah banyak anak-anak disana. Terutama diparkiran, banyak anak-anak Palang Merah Remaja (PMR) yang latihan hari ini. Setelah memarkirkan sepeda motor, saya langsung masuk ke tempat biasa, yaitu taman sekolah. Ada beberapa adik-adik Pramuka yang menghampiri saya untuk bersalaman.

IMG20220903135720.jpg
Saat duduk di taman sekolah

Setelah duduk saya melihat jam di ponsel saya sudah menunjukkan pukul 13.55 WIB. Lima menit kemudian saya melihat adik-adik belum ada yang berbaris. Sehingga saya memberikan kode kepada Pratamanya untuk mengatur barisan dan memimpin do’a.

Setelah do`a pembuka latihan, saya langsung menyuruh senior-seniornya untuk mengumpulkan tugas yang saya berikan kemarin. Kemudian memisahkan barisan senior dengan juniornya agar memberi ruang untuk senior-seniornya mempraktikkan kembali ilmu menaksir yang saya berikan kemarin. 10 menit berlalu, Kak Azizi tidak kunjung datang, sehingga saya mengambil alih pasukan juniornya untuk LKBB. Karena cuaca hari ini yang lumayan panas dan mengingat fisik junior-juniornya tidak sekuat senior, maka saya membawa junior-juniornya ke kantin belakang sekolah. Di sana ada tempat yang teduh dari matahari. 20 menit setelah memberi materi baris-berbaris, Kak Azizi baru datang. Saya sempat berbeda argumen dengan dia. Karena yang saya lakukan hari berbeda dengan rencana kemarin. Namun apa boleh buat karena dia yang datang terlambat. Sehingga saya harus menghandel semuanya. 10 menit kemudian, ada seorang junior yang minta izin keluar dari barisan karena tidak kuat lagi. Saya pun mengizinkannya. Hal ini terbukti bahwa fisik junior belum kuat. Andai kata tadi saya tetap memberikan materi baris-berbaris di bawah terik matahari, tentu banyak lagi yang keluar barisan karena tidak kuat.

IMG20220903142105.jpg
Senior melanjutkan materi Menaksir

IMG20220903151220.jpg

IMG20220903151213.jpg
Juniornya beristirahat sejenak saat latihan LKBB

Jam 15.40 WIB, latihannya kami hentikan sejak untuk menunaikan ibadah shalat Ashar dan sekaligus istirahat. Jam 16.00 WIB, kami melanjutkan latihannya. Namun untuk saat ini giliran seniornya yang saya uji LKBBnya. Sedangkan junior-juniornya diambil alih oleh Kak Azizi. Hingga jam 16.45, saya melihat senior-seniornya mulai kelelahan. Setelah beristirahat sejenak, saya membangkitkan semangat mereka dengan tepuk-tepuk yang ada di dalam Pramuka. Seperti tepuk Pramuka, tepuk ABRI, tepuk Aceh dan menyanyi lagu-lagu atau yel-yel. Melihat senior-seniornya yang begitu semangat dalam membawa yel-yel, juniornya pun tak mau kalah. Sehingga terjadilah pertarungan yel-yel antara senior dengan juniornya. Hal ini baru berakhir hingga 17.15, yaitu saat waktunya pulang. Ya seperti biasanya, Juniornya kami pulangkan duluan. Agar kami bisa evaluasi dengan aman.

IMG20220903170455.jpg
Kak Azizi mengambil alih junior setelah istirahat

IMG20220903170451.jpg
Saat penampilan yel-yel senior

IMG20220903171954.jpg

setelah penampilan yel-yel senior

IMG20220903172320.jpg
Arahan dari Kak Azizi sebelum pulang

IMG20220903172331.jpg
Saat arahan dari Kak Azizi

Setelah evaluasi sekitar 10 menit, semuanya dibubarkan dan kembali ke rumah masing-masing.

Sekian cerita buku harian saya hari, semoga bermanfaat bagi Steemians yang membacanya.


Greetings to the moderator team Scouts y sus Amigos (@hive-181136) : @fjjrg, @emisol, @yolvijrm @albaandreina, @anailuj1992, @carlaisl and @naka05


Scout Salute

@sabarman

Myself
Facebook
Instagram

Sort:  

Your article has been supported with a 50% upvote by @ripon0630 from Team 2 of the community curator program. We encourage you to keep producing quality content on Steem to enjoy more support from us and a likely spot in our weekly top 7.

20220902_095909_0000.png

Thanks for supporting my post, @ripon0630 and team 2 SC06.

Insya Allah, with your support this will continue to inspire me in writing.

 2 years ago 
Amigo @sabarman Las actividades scouts están orientadas hacia la disciplina, por lo que es necesario un tipo de conrol en la formación. Si bien hoy en día, la gran mayoría de los países no lo practica de esta manera, debemos recordar que antiguamnete sí se manejaban de esa forma.
LineamientoResultado
Estado del club#Club100
Libre de Plagio
Libre de Bots
Steemexclusive
Valoración 1-109
Conteo de palabras671
Fecha de Verificación03/09/2022

Saludos.

Banner SAludos fjjrg.gif

You have spent a beautiful time around the kids for the day which would have contributed to their knowledge. It's quite a neat piece of diary. Thanks for sharing, @sabarman.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 65856.98
ETH 2663.80
USDT 1.00
SBD 2.88