Kebun Apotik hidupsteemCreated with Sketch.

in Steemit-Garden2 years ago

photocollage_2021112214424458.jpg

Hai ... Selamat siang sahabat steemit-garden semua. Mari bahagia, jaga kesehatan dan tetap sukses selalu untuk kita. Disiang yang cerah ini sambil menikmati istirahat saya ingin berbagi cerita tentang kebun apotik hidup yang ada di halaman belakang rumah saya. Kebun ini tidak terlalu besar tapi sangat bermanfaat bagi saya karena saya dapat menyalurkan hobi menanam saya. Senang sekali rasanya menyalurkan hobi menanam, tidak hanya tanaman bunga, kaktus, buah-buahan tapi juga saya menanam tanaman apotik hidup yang berguna bagi kesehatan kita.
Mari kita lihat tanaman apotik hidup apa saja yang ada di kebun belakang rumah saya teman-teman.

IMG_20211122_070429.jpg

IMG_20211122_070419.jpg
Daun sirih merah (Piper crocatum)

Menurut literatur yang saya baca manfaat daun sirih merah ini sangat banyak diantaranya saya sering mengunyah daunnya untuk menghindari bau mulut dan pembentukan plak pada gigi. Disamping itu rebusan air daun sirih merah dapat digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Daun sirih merah dipercaya mengandung antiseptik,antibakteri, dan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh.

IMG_20211122_070951.jpg

IMG_20211122_070933.jpg
Jeruk kasturi (Citrus microcarpa)

Jeruk ini rasanya sangat asam, walaupun saya menunggu sampai buahnya masak dan kulitnya berwarna kuning namun rasanya tetaplah asam sekali. Membuat wajah berkerut memakannya, namun manfaat jeruk ini hebat sekali. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat batuk dan menurunkan kolesterol,saya mencampurkannya dengan madu Sewaktu mengkonsumsinya. Disamping itu juga saya sering menggunakan air perasan jeruk kasturi ini untuk masker wajah dan mengobati jerawat yang tumbuh di wajah saya.

IMG_20211122_102311.JPG

IMG_20211122_071105.jpg
Belimbing wuluh (Averrhoa belimbi)

Didaerah aceh belimbing ini sering dibuat asam sunti yang dipakai sebagai rempah di masakan khas aceh. Manfaat untuk pengobatan sangat banyak diantaranya bunga dan buahnya saya campurkan madu lalu saya tumbuk dan saya oleskan di bibir dan gusi yang sedang mengalami sariawan, lalu dapat juga dikonsumsi untuk mengobati batuk dan pilek.

IMG_20211122_102859.JPG

IMG_20211122_070515.jpg
Daun jeruk purut (Citrus hystrix)

Daun dari jeruk purut ini biasanya digunakan sebagai rempah dimasakan,sedangkan buahnya mengandung antibiotik. Bentuk kulit buahnya yang berkerut saya manfaatkan untuk melatih jari-jari tangan ibu saya yang kaku akibat penyakit stroke ringan yang dideritanya. Dengan cara rutin menggenggam-genggam buah jeruk purut ini maka jari-jari tangan ibuku tidak kaku lagi.

IMG_20211122_070752.jpg

IMG_20211122_070712.jpg
Cabai rawit ( Capsicum sp)

Cabai rawit juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Manfaat yang paling nyata bagi saya adalah dapat menambah nafsu makan. Makanan seperti tahu goreng,tempe goreng dan sambal terasi kurang lengkap rasanya apabila tanpa cabai rawit.

IMG_20211122_135802.JPG
Lidah buaya (Aloe vera)

Manfaat lidah buaya sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan dan kecantikan. Berbagai macam pengobatan herbal menggunakan tanaman ini. Saya biasanya menggunakan lidah buaya untuk menyuburkan rambut saya dan rambut anak gadis saya. Selain untuk rambut saya juga sering menggunakan masker lidah buaya untuk wajah sehingga wajah menjadi lebih kenyal,lembab,dapat menghilangkan bekas jerawat.

Nah...teman-teman steemit-garden apakah kalian tertarik untuk menambah koleksi tanaman kalian dengan tanaman apotik hidup seperti milikku. Manfaatkan lahan disekitar rumahmu untuk menanam tanaman yang sangat berguna ini dan mungkin saja kalian sudah memiliki tanaman tersebut.

Sekian cerita saya hari ini, terima kasih untuk semua steemian yang sudah mampir disini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Khusus disebutkan :
@hive-180821
@vipnata
@liasteem
@allahnawaz03

Sort:  
 2 years ago 

As always, I received a stunningly interesting post from you and a lot of useful recommendations. I wish your mom to get well!

 2 years ago 

Terima kasih atas dukungannya.

 2 years ago 

Terimakasih untuk booming04 yang tak terhingga, semoga saya bisa memberi postingan yang lebih baik lagi kedepannya.

 2 years ago 

Kk power up 100% ya.mantap

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 64060.81
ETH 3129.62
USDT 1.00
SBD 4.17