My Traditional Delight!

in STEEM FOR BETTERLIFEyesterday (edited)

Assalamualaikum

Masak udah kuah asam pedas (kuah asem keu eng)

1000651354.jpg
Masakan tradisional kuah udang asam pedas

Hai steemian di manapun kalian berada, apa kabar kalian hari ini, aku harap kalian baik-baik saja. Kembali lagi bersama aku @sriiza, Hari ini aku akan mencoba menulis tentang salah satu masakan tradisional yang ada di daerah saya yaitu Aceh Indonesia. saya sangat tertarik dengan judul kontes yang di selenggarakan oleh @steembetterlife. Dan terimakasih kepada @goodybest yang telah menyelenggarakan kontes ini.

Saya juga mengundang teman saya untuk mengikuti kontes yang sangat menarik ini bagi pecinta masak memasak.
@dewirusli
@amre
@el-nailul

Hari ini saya pulang sekolah lebih cepat dari biasanya, jadi inisiatif untuk memasak masakan kesukaan saja, saya sangat senang apapun masakan yang olahan terbuat dari udang. Pulang sekolah saya menuju pasar untuk mencari udang.

1000651172.jpg

Saya sering melihat nenek dari ayah saya dulu sering sekali memasak kuah yang sangat simpel ini. tanpa ribet sedikitpun. tapi rasanya menggiurkan sekali. saya belajar memasak kuah tersebut dari nya. makanya saya hari ini sangat ingin memasak kuah tersebut. membayangkan saya udah ileran. secepatnya saya harus eksekusi terus masakannya biar bisa di makan siang ini.

1000650388.jpg

Bumbu aroma terapi

Sampai di rumah saya langsung mengambil bahan pewangi yang akan kita masukkan seperti daun kari, daun jeruk peruk, dan belimbing wuluh.

Bahan yang di butuhkan

udang1/4 kg
Belimbing wuluh4buah
jeruk nipis1/2 buah
Cabai kecil5 biji
Cabai hijau5 biji
Kunyiksatu ruas jari
mericasetengah sendok teh
Asam Sunti10 biji
Daun jeruk perut4 lemba
Daun kari1 helai daun
Langkah pertama
1000650430.jpgUdang sudah di cuci bersih

Pertama saya membersihkan udang yang baru saja saya beli. saya mau metik kepalanya dan juga jarum yang ada di ekor udang. cuci bersih udang dan mensucikan ikan dengan saringan yang airnya langsung mengalir.

Langkah ke dua

1000651359.jpg
Udang di masukkan kedalam wajan

Masukkan udang kedalam wajan kemudian tambahkan garam dan perasan jeruk nipis. supaya rasanya lebih gurih dan tidak bau amis. diamkan dulu sampai garam meresap kedalam udang.

Langkah ke ke Tiga

1000650431.jpg

Kupas lah bumbu seperti bawang merah dan bawang putih serta petik tangkai cabai rawit. cuci bersih bumbu yang akan kita giling.

Langkah ke ke Ke Empat

Masukkan bumbu yang tadi telah di kupas kedalam blender dan giling sampai halus tambahkan sedikit air biar lancar saat penggilingan. tunggu sampai bumbunya halus lalu matikan blendernya lalu angkat dari blender.

Langkah Ke Lima

Menambahkan bumbu
1000651356.jpg

Masukkan bumbu yang telah di haluskan kedalam wajan yang berisi udang kemudian tambahkan kunyit dan merica. masukkan belimbing wuluh yang telah di rajang tipis-tipis. lalu kacau dulu bumbu sampai merata. tambahkan air putih sedikit demi sedikit sampai terasa cukup. kemudian tambahkan daun jeruk peruk.

Masak dengan api sedang

1000650448.jpg1000650450.jpg1000650443.jpg
Langkah ke ke Ke Enam

Hidupkan api kompor masak dengan api sedang sampai mendidih kemudian tambahkan daun kari dan cabai hijau. masak kembali sampai mendidih yang kedua kali koreksi rasa. jika dirasa pas matikan kompor.

Udang tidak baik di masak terlalu lama nanti dagingnya bisa alot alias keras seperti karet. udang hanya butuh masak sebentar saja. saya juga menggoreng ikan cirik.

1000650771.jpg1000650772.jpg1000650770.jpg

Sebelum mencicipi hasil masakan saya disiang hari ini saya mengambil beberapa photo untuk mempercantik postingan saya hari ini. sebagai pendukung dari apa yang sedang saya ceritakan.

1000650477.jpg
Mencicipi hasil masakan sendiri

Kemudian saya terasa sangat lapar sampai udah tidak sabaran untuk mencicipi masakan ku hari ini. selanjutnya saya isi nasi di piring dan mengambil kuah asam pedas sampai seperti makan bubur. cara makannya kuah asam pedas udang memang nasinya harus tenggelam dengan nasi baru enak.

Sekian masakan tradisional ku hari semoga kalian bisa mencoba memasaknya di rumah. rasanya di jamin mantul. pokoknya mertua lewat di samping tidak terlihat he...he... begitu kata-kata yang pernah saya dengar dari nenek-nenek dulu by..by..

Sort:  

You've got a free upvote from witness fuli.
Peace & Love!

terimakasih banyak karena telah memberikan saya vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

sama-sama. dengan senang hati.

Wow..ini makanan tradisional kesukaan saya. Pasti enak sekali dimakan dengan nasi putih untuk sarapan esok hari. Makanan tradisional yang unik rasanya..ada pedas dari cabai rawit, manis original dari udang, asam segar dari bumbu sunti. Perpaduan bumbu khas yang pas.. semoga sukses dalam kontes ini.

terimakasih banyak telah singgah di postingan saya, tepat sekali seperti yang anda katakan luar biasa enak walau terlihat sederhana.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 58925.39
ETH 2498.15
USDT 1.00
SBD 2.48