Activist Diary Game : 13/04/2024 || Berwisata Ke Taman Rusa "Memberikan Waktu Untuk Anak-Anakku Mengenal Rusa Lebih Nyata" Aceh Utara

in Steem of Animals5 months ago

Salam Semua Para Steemians

Hi Everyone, Selamat malam dan apa kabar, Dimanapun anda berada saya harap kita semua dalam keadaan sehat-sehat saja Dan segala penyambutan lebaran berjalan dengan baik, sesuai dengan kemauan yang di harapkan dan menjadi silaturahmi dengan senak famili terjaga lebih erat dan erat nya lagi.

Baiklah. jangan kemana-mana karena pada kali ini saya kembali ingin berbagi activist hari perayaan lebaran eid ke-4 bersama keluarga, pergi ke taman rusa sekaligus bertamu di rumah saudara yang ada di krueng geukuh.


Saya awali hari dengan tugas yang sering saya kerjakan. setelah berpuasa, kini saya lebih mudah mengaktifkan tugas biasa ku, tetapi perbedaan waktu aku harus menjaga dagangan ku lebih awal pagi ini, menjelang mentari pagi bersinar. setidaknya ini sangat menyenangkan menjadi pedagang kecil-kecilan didalam desa sedikit tantangan mencari simpati banyak pelanggan.

Aku mengatur beberapa dagangan ku keluar, Mengingat masih sambutan lebaran setengah hari ini minat kami berkunjung dan bersilaturrahmi ke rumah saudara yang ada krueng geukuh sekaligus menuruti kemauan anak-anak ku untuk pergi ke taman rusa disana. Selagi masih ada waktu luang sebelum sekolah di aktifkan. Tetapi sebelum itu, saya habiskan waktu berjualan melayani pelanggan dari pagi sehingga menjelang siang. istriku sudah mempersiapkan perlengkapan kebutuhan anak-anak dan keperluan lain nya yang akan kami butuhkan.

IMG_20240413_142557_470.jpg
Menunggu Istri Memilih Jeruk, Di Geudong

Selepas itu kami langsung berangkat dengan mengendarai sepeda motor sehingga masuk ke rute jalan utama, melihat pengguna jalan lebih aktif membuat jalan sedikit padat dan terjadinya macet sepanjang jalan geudong, dengan santai saya mengendarai sepeda motor hingga di pertengahan jalan perbatasan geudong istriku mengusulkan untuk mencari lapak jeruk. Sangat kebetulan, tidak jauh saya melihat pedagang lapak jeruk yang tersedia di pinggir jalan, lalu saya berhenti untuk istriku mencari jeruk sebagai oleh-oleh nya.

Saya hanya dapat menunggu istriku memilih jeruk di atas kendaraan karena saya harus menjaga anak-anakku tetap berada di atas kendaraan. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan yang menjadi petualang kami sepanjang jalan sampai perjalanan tiba di tempat saudara (rumah wawak), setidaknya saya harus menempuh waktu perjalanan satu jam lebih untuk mengakhiri perjalanan dengan kecepatan standar kendaraan.

IMG_20240413_161833_325.jpgIMG_20240413_161851_168.jpg
Bertamu Ke Rumah Saudara Di Krueng Geukuh Dan Menikmati Cemilan Khas Aceh

Kebiasaan penyambutan lebaran masih terjaga erat, kedatangan kami di sambut oleh wawak. tetapi sebelumnya, saat kami tiba melihat wawak tidak ada di rumah yang membuat kami sedikit menunggu, setelah tetangga membantu kami mencari wawak sehingga wawak bisa hadir dan menyambut kedatangan kami. ini juga kesalahan kami karena kami tidak memberitahu bahwa kedatangan kami rumah wawak hari ini, meskipun bagian dari rencana kami ingin memberi sedikit kejutan kepada wawak saat kami datang. Tetapi apa yang salah

Kedatangan kami membuat wawak lebih sibuk sekarang. Menyiapkan beberapa makanan
untuk kami makan bahkan makanan yang dibuat ketika lebaran, yaitu kue khas tradisional buatan aceh yang sangat mudah di kenang sebagai kue bohusen. Sambil menikmati kue terhias di dalam obrolan yang adanya tawa bahagia, bahkan anak-anak juga ikut senang, sehingga tanpa sadar menjelang sore.

IMG_20240413_171013_148.jpg
Suasana Pengunjung Di Kebun Rusa, Krueng Geukuh-Batuphat

Banyak waktu saya habiskan, kemudian anak-anak masih mengingat kemauan dan tujuan utama nya dari pertama kami untuk datang, sehingga kami pamit dari rumah wawak untuk pergi ke taman rusa. dari rumah wawak, saya harus menempuh perjalanan jarak tempuh sekitar 10-15 menit. Taman ini terletak di sekitaran batuphat, komplek arun. Dekat dengan jalan utama (medan-banda Aceh), sangat mudah untuk menemukannya.

Saat tiba di taman suasana begitu nyaman anak-anak sangat senang. Bahkan banyak wisatawan yang membuat kunjungan ke taman menghabiskan sela-sela waktu sore nya melihat hewan yang bernama rusa karena tempat ini di falitasi secara gratis bagi semua kunjungan wisatawan yang cocok di kunjungi oleh setiap orang secara keluarga, kolega dan teman-teman. Sungguh menyenangkan.

IMG_20240413_171326_261.jpgIMG_20240413_171157_620.jpg
IMG_20240413_171346_053.jpg
Melihat Keceriaan Anak-Anak Berada Dikebun Rusa

Sungguh menyenangkan, tempat yang nyaman dijadikan taman. Rusa ialah hewan yang langka yang hidup secara liar. saya pernah mendengar dan mengenal tentang rusa. saat pemburu desa, rusa incaran pertama nya mereka harus pergi ke hutan pegunungan yang luas, itu tempat asal nya. Meskipun rusa memiliki banyak tipe yang berkehidupan nya justru sama. terbentuk nya taman rusa memudahkan kami melihat rusa secara nyata, pokoknya kami tidak lagi harus berburu ke hutan bersama pawang hewan untuk mengenal rusa lebih dekat. Bagaimana!!

Ada nya taman ini menjadi simpati banyak orang, bahkan taman ini sudah terkenal luas didalam masyarakat sejak pertama hewan ini di aktifkan yang menjadi sorotan bagi seluruh wisatawan di setiap kalangan. Sehingga anak-anak ku juga bisa lebih mengenal rusa sekarang, saat pertama anak-anak ku melihat rusa terlihat begitu senang dan siabang mengatakan rusa hampir mirip peliharaan kami di rumah yaitu kambing dan anak sapi. Tetapi anehnya ini sebagian dari mereka memiliki tanduk yang panjang. Penasaran anak-anakku baru pertama mengenalnya.

IMG_20240413_171603_024.jpg
Membeli Wartel Dari Pedagang Untuk Makanan Rusa

Kepedulian kami terhadap hewan langka ini sungguh berarti, tidak berarti jika tidak saling berbagi, terbentuk nya taman rusa meningkat nya ekonomi bagi pendapatan rendah karena sebagian dari pedagang berkesempatan untuk menjual makanan rusa di sekitar pekarangan. Mereka datang setiap pengunjung untuk menawarkan makanan pemberian rusa sebagai dagangannya. Hal ini membuat bagi seluruh wisawatan dapat menikmati rusa dengan membeli salah satu sayur-sayur agar bisa memberikan makanan ke rusa di dalam kandang dari luar pagar, hal ini dapat memikat hewan liar agar datang lebih dekat. Cukup dekat jika adanya makanan.

IMG_20240413_171610_662.jpg
IMG_20240413_171743_623.jpgIMG_20240413_171654_041.jpgIMG_20240413_172045_909.jpg
Melihat Aksi Anak-Anak Saat Memberi Makan Rusa, Luar Biasa

Saya sangat menikmati kenyamanan di taman rusa bersama wisatawan meskipun berada di luar pagar dengan menyalurkan mereka makanan supaya mereka tetap kenyang. Tidak dengan saya, saya berserta sang istri juga mengajarkan anak-anak kami untuk memberikan makan rusa agar rusa dapat mendekat, sehingga kedua putra kami sungguh berani melihat aksi saat mereka memberikan makanan itu secara perlahan-lahan hingga rusa datang dan datang secara bergantian.

IMG_20240413_172246_885.jpg
Menikmati Taman Rusa Dihiasi Dengan Cemilan Ringan

Banyak waktu saya habiskan disana dengan memberikan mereka makan dengan Sayuyur -sayuran supaya rusa lebih gemuk dan sehat. Sehingga anak-anak ku ingin saya belikan jajan, sangat kebetulan lapak jajan tidak jauh dari kandang, setelah anak saya titip kedapa ibunya lalu saya pergi kearah ujung jalan untuk membeli cemilan jajanan untuk anak-anak kami makan.

Saya membeli bakso krispy dengan masing-masing porsi. Dan saya memberikan itu kepada istri lalu saya kembali memilih tempat santai di pinggir taman untuk menikmati bakso krispy sekaligus melihat rusa disana. Hal ini membuat anak-anak bahagia dan ceria. Op, bakso krispy bukan makanan buat mereka makan melainkan untuk mengisi perut ku yang lagi lapar.

IMG_20240413_171841_002.jpgIMG_20240413_172516_821.jpg
Berjalan Di Sekitar Kandang Rusa Bersama Si-kecil

Setelah itu, sebelum berangkat pulang, saya juga mengajak sikecil untuk jalan-jalan di didekat taman agar bosan hilang sambil menikmati rusa berjalan didalam kandang. Justru sekecil ikut bahagia berkat adanya suasana begitu nyaman di penuhi dengan hewan peliharaan yang ada di taman. Tidak terasa hari semakin sore, lalu saya memutuskan ini untuk mengajak sang istri dan anak-anak untuk pulang karena mengingat tempat kami tinggal masih sangat jauh. Sedikit bujukan oleh sang istri sehingga anak-anak pun ikut pulang meskipun berat melepaskan hewan itu. Dan saya mengatakan akan kembali di kemudian hari.

Demikianlah yang dapat saya tulis di dalam artikel Diary Game Saya pada hari ini, semoga terhibur bagi pembaca dan terima kasih sudah singgah di post saya. Saya sekeluarga mengucapkan Selamat hari lebaran, Mohon maaf lahir batin. Sampai jumpa -_-

Salam @muksa

Sort:  
Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65317.17
ETH 2646.03
USDT 1.00
SBD 2.86