The diary game, 6 September 2024, Semangat Para Siswa Dalam Mengikuti Segala Kegiatan di Sekolah.

in Steem Kids & Parents11 days ago (edited)

IMG_20240916_141657.jpg

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat sejahtera untuk kita semuanya, semoga keselamatan, kebaikan dan kasih sayang Allah akan selalu berlimpah kepada kita semua. Bertemu lagi dengan saya @dewirusli. Pad hari ini saya akan menceritakan keseharian saya mulai dari pagi sampai malam hari.

Kegiatan di pagi hari

Seperti biasanya setiap pagi Syakira lebih dulu siap berpakaian jika akan berangkat ke sekolah, kemudian dia langsung keluar rumah dan menunggu di teras rumah, semua perlengkapan untuk saya sekolah seperti bekal sarapan, hp, dan lainnya semua sudah di urus oleh Syakira. Jadi selesai saya berpakaian langsung keluar dan siap berangkat. Sementara kendaraan tugas suami untuk mengeluarkannya dari garasi. Sambil menunggu Syakira selalu berfoto ria di teras rumah.

IMG20240906070042.jpg
Nunggu mama nya sambil berfoto

Pembacaan Yasiin

Pukul 07.02 saya keluar dari rumah dan segera berangkat ke sekolah. Hari ini ada pembacaan Yasiin bersama par siswa. Setelah bel tanda masuk berbunyi, semua siswa dari kelas 3 sampai kelas 6 segera berkumpul di halaman sekolah dan duduk dengan rapi. Pembacaan Yasiin hari ini di pimpin oleh kelas 6 Zaid bin Tsabit. Ada sekitar 12 siswa duduk di barisan paling depan. Diawali dengan basmalah dan istigfar pembacaan Yasiin bersama pun di mulai. Semua khusyuk dalam membaca Yasin. Kurang lebih 45 menit pembacaan Yasiin selesai. Para siswa masuk kelas begitu juga dengan guru yang jadwal ngajar jam pertama.

IMG20240906073658.jpgIMG20240906073646.jpg

Pembacaan Yasiin
45GhBmKYa8LQ7FKvbgfn8zqd6W2YEX34pMmaoxBszxVcFaFaijGEX2QaTTQbU9MXKZucaj2fwrdwRBksfqhoczpjcYMMChmn4MohzyLdPnrPqSW8jV3jjxFMfCzBvzCvXA4RwBc3KdcerHbbhRkuo9YWTcTNJHm4EbWuFakYdwxDwfqTdLXMUU6JHRqXFgH6iSn4jwJMbcDAZuGpNDEzn.png

supervisi mahasiswa PPL

Hari ini saya mengajar hanya 2 jam saja di kelas 6 Umar bin Abdul Aziz. Namun karena hari ini jadwal supervisi mahasiswa PPL, jadi saya hanya duduk di belakang melihat Rizky mengajar. Kami masuk bersama, saya langsung menempati kursi yang telah di sediakan, sementara Rizky masih sibuk memasang infocus. Kemarin sebelum tampil saya sudah mengecek ulang RPP yang akan Rizky tampilkan pada hari ini, mudah mudahan sesuai dengan rencana. Hari ini Rizky mengajar pelajaran Fiqh materi minuman halal menggunakan model make a match. Rizky pun mulai mengajar dan menjelaskan pembelajaran, siswa pun fokus mendengarkan dan memperhatikan penjelasan Rizky

IMG20240906092612.jpg
Rizky mulai mengajar


Sekitar 10 menit Rizki menyampaikan materi lanjut dengan melakukan ice breaking yang akan di lakukan di halaman sekolah. Permainannya ada 16 pertanyaan dan 16 jawaban, setiap siswa mendapat 1 kartu dan saling mencari jawaban. Kelompok yang sudah menemukan pasangannya segera berdiri di tempat berbeda. Semua siswa akhirnya bertemu dengan pasangannya.semua siswa bersemangat dan bersenang senang. Kemudian kami masuk kelas kembali.

IMG20240906093410.jpg
Bersama siswa di halaman

IMG20240906093539.jpg
Membagikan kartu soal dan jawaban

IMG20240906093655.jpg
Siswa saling mencari pasangan soal dan jawaban

IMG20240906093744.jpg
Siswa menemukan pasangannya


setelah siswa berada di kelas, pembelajaran selanjutnya Rizky membagikan LKPD kepada para siswa yang berisikan tentang minuman halal. Semua siswa mulai mengerjakan tugasnya secara berkelompok. Setiap siswa membagikan tugasnya masing masing, sehingga dalam batas waktu yang telah di tentukan semua kelompok menyelesaikan kegiatan belajar dalam kelompok nya. Selanjut para siswa tampil ke depan untuk mempresentasikan hasil karyanya, sementara kelompok lain mendengarkan , bertanya dan memberikan pendapat. Setelah semua selesai siswa mengambil kesimpulan, melakukan refleksi dan mengerjakan soal, di akhir pertemuan, risky memberikan tugas di rumah dan pesan moral. Saya sebagai guru pamong, senang rasanya melihat para siswa belajar pad hari ini, sekitar 93 % pembelajaran berhasil.

IMG20240906094450.jpg

IMG20240906094415.jpg

IMG20240906094815.jpg
Kegiatan siswa mengerjakan LKPD

45GhBmKYa8LQ7FKvbgfn8zqd6W2YEX34pMmaoxBszxVcFaFaijGEX2QaTTQbU9MXKZucaj2fwrdwRBksfqhoczpjcYMMChmn4MohzyLdPnrPqSW8jV3jjxFMfCzBvzCvXA4RwBc3KdcerHbbhRkuo9YWTcTNJHm4EbWuFakYdwxDwfqTdLXMUU6JHRqXFgH6iSn4jwJMbcDAZuGpNDEzn.png

latihan upacara

IMG20240906092210.jpg
Latihan upacara

Saya keluar kelas menuju ke kantor, ketika saya melewati halaman saya melihat ada siswa lagi latihan untuk upacara bendera. Setiap hari Jumat dan Sabtu pak Ismail sebagai guru olahraga selalu mengajarkan para siswa untuk latihan naik bendera untuk persiapan hari Senin. Hari ini pak Ismail bekerjasama dengan wali kelas melatih siswa kelas 5. Walaupun panas pada siswa tetap semangat dalam berlatih.

IMG20240906113704.jpg

Saya tiba di kantor dan ternyata saya juga melihat pak Rizky, salah satu pelatih pramuka sedang mendengar para siswa menghafal beberapa pertanyaan. Ternyata agar bisa naik pangkat berikutnya para siswa harus menghafal beberapa pertanyaan dan hafalan tersebut harus di setor kepada pembina pramuka, kemudian hafalan tersebut di centang dan baru bis naik pangkatnya. Semua siswa berebut untuk menghafal.

Review mahasiswa PPL setelah tampil mengajar

Setelah saya istirahat sambil makan, saya memanggil Risky untuk duduk kembali bersama saya, dengan tujuan melakukan review terhadap penampilannya tadi pagi. Saya menanyakan perasaan nya setelah tampil di pertemuan ke 4. Risky mengatakan senang dan ada perubahan daripada penampilan yang sebelumnya. Kemudian saya memberikan beberapa masukan untuk penampilan selanjutnya. Kemudian saya menyuruh Rizky untuk menentukan model selanjutnya pada pembelajaran berikutnya. Setelah semua selesai saya pulang, Karen memang sudah waktunya pulang sekolah. Sebelum pulang saya absen terlebih dahulu.

IMG20240906101142.jpg
Review

45GhBmKYa8LQ7FKvbgfn8zqd6W2YEX34pMmaoxBszxVcFaFaijGEX2QaTTQbU9MXKZucaj2fwrdwRBksfqhoczpjcYMMChmn4MohzyLdPnrPqSW8jV3jjxFMfCzBvzCvXA4RwBc3KdcerHbbhRkuo9YWTcTNJHm4EbWuFakYdwxDwfqTdLXMUU6JHRqXFgH6iSn4jwJMbcDAZuGpNDEzn.png

kegiatan di rumah

Tiba di rumah saya segera berganti pakaian dan mulai masak untuk makan siang, setelah masak saya segera menghidangkan di meja makan. Kemudian saya segera istirahat.
Setelah shalat isya saya segera mengambil laptop untuk menyiapkan adminitrasi pembelajaran. Hari Senin akan datang pengawas untuk memeriksa segala kelengkapan administrasi mengajar. Saya hanya mengedit beberapa hal seperti prota, proses, jadwal mengajar, KKM, analisis hari efektif. Sedangkan untuk RPP hanya ganti nama kepala sekolah saja. Sekitar 1 Jam kemudian sudah selesai, tinggal saya print saja. Kemudian saya segera bersiap untuk tidur. Demikian cerita saya hari ini. Terima kasih atas semua dukungan sahabat steemian.

IMG20240906150623.jpg
Menyiapkan adminitrasi mengajar
45GhBmKYa8LQ7FKvbgfn8zqd6W2YEX34pMmaoxBszxVcFaFaijGEX2QaTTQbU9MXKZucaj2fwrdwRBksfqhoczpjcYMMChmn4MohzyLdPnrPqSW8jV3jjxFMfCzBvzCvXA4RwBc3KdcerHbbhRkuo9YWTcTNJHm4EbWuFakYdwxDwfqTdLXMUU6JHRqXFgH6iSn4jwJMbcDAZuGpNDEzn.png

Salam hangat @dewirusli

Sort:  

Kesibukan yang sangat melelahkan ibuk,tapi dengan senang hati ibu menjalankannya insya Allah terasa lebih baik🥰
Saya teringat masa dulu bersekolah pagi hari sudah siap pergi beraktivitas, tetap semangat ibu dalam melakukan kegiatan yang baik💪🏻🤲🏻😍

Terima kasih sudah singgah di postingan saya, mengajar hal ya g paling menyenangkan bagi saya

Loading...
CONGRATULATIONS!!

Your post has been supported by TEAM SHINING STARS. We support quality posts, good comments anywhere, and any tags.


1000152665.gif

Curated by : @aviral123

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65266.27
ETH 2639.14
USDT 1.00
SBD 2.84