The Diary Game, Jumat 23 Juni 2023: Bayar Pajak Mobil Bebas Calo

in STEEM INDONESIAlast year

Halo Steemians yang baik budi. Ketahuilah bahwa membayar pajak kenderaan bermotor saat ini tak sulit, bisa dilakukan sendiri dengan mudah, tak perlu memakai jasa orang lain atau disebut calo. Waktu siap pun cepat, kurang lebih satu jam. Saya selalu mengurusnya sendiri.

WhatsApp Image 2023-06-25 at 19.40.33 (1).jpeg Banner di kantor SAMSAT Lambaro, Aceh Besar

Berikut pengalaman saya membayar pajak mobil sebelum jatuh tempo tahun berikutnya. Taat membayar pajak tepat waktu sangat penting untuk menghindari denda.

Jumat pagi, 23 Juni 2023, saya menuju kantor SAMSAT Lambaro, Aceh Besar. Tempat membayar pajak kenderaan bermotor itu paling dekat dengan tempat tinggal saya. SAMSAT adalah kepanjangan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Di sana, segala urusan pajak kenderaan bermotor dilayani oleh petugas sipil dan polisi.

Tiba di sana, sekitar pukul 08.30 WIB, saya menyiapkan STNK dan bukti pajak sebelumya, Kartu Tanda Penduduk (KTP), lalu tempat fotocopy yang berada di depan kantor. Petugas fotocopy sudah paham cara menggandakannya ketika saya memberikan STNK dan KTP. “Seribu aja bang,” katanya sambil menggembalikan dokumen itu kepada saya.

Saya lalu menuju tempat pendaftaran untuk perpanjangan pajak. Saya memberikannya kepada salah satu petugas. “Tolong nomor HP-nya ditulis di sini,” katanya. Lalu saya menulis nomor HP di lembaran fotocopy. “Silakan tunggu di sana bang untuk pembayaran,” kata petugas lagi.

WhatsApp Image 2023-06-25 at 19.40.33.jpeg Menunggu proses pembayaran

Saya memperhatikan belasan orang duduk di kursi yang tersedia. Saya memperkirakan kemungkinan sekitar 30 menit baru dipanggil, lalu saya beranjak ke warung depan untuk ngopi dan sarapan. Tadi saat pergi belum sempat menikmati makanan apapun.

Saya memesan kopi dan nasi gurih, duduk santai sambil mengecek media sosial. Setelah 30 menit, saya kembali ke kantor SAMSAT dan duduk di ruang tunggu. Sesaat kemudian nama saya dipanggil sesuai yang tercantum di nota STNK.

Saya mendekati loket, petugas memberikan jumlah pajak mobil yang harus dibayar. Saya merogoh kantong, menghitung uang kembali yang telah disiapkan sebelumnya dan memberikan ke petugas. “Tunggu di sana pak, ambil bukti bayar,” kata petugas. Saya bergeser ke loket di sebelahnya.

Sekitar lima menit kemudian, bukti bayar dan STNK dikasih petugas. Dia mengatakan faktur pajak baru diambil di belakang.

WhatsApp Image 2023-06-25 at 19.40.32 (1).jpeg Bukti bayar

Saya keluar ruangan tersebut dan menuju ke bagian belangan kantor SAMSAT. Di sana telah ada beberapa orang yang menunggu. Sekitar 20 menit kemudian, nama saya dipanggil untuk mengambil nota pajak baru yang berlaku satu tahun ke depan.

Selesai sudah urusan mengurus pajak hari itu. Waktu yang saya habiskan tak lama, hanya sekitar satu jam. Penting diingat, jangan lupa membayar pajak kenderaan, karena telat satu hari pun akan terkena denda.

WhatsApp Image 2023-06-25 at 19.40.32.jpeg Bagian ruangan belakang untuk mengambil nota pajak baru

Demikian kisah saya, semoga berkenan. []

Sort:  
 last year 

Hi @abuarkan...
Terus berbagi postingan yang berkualitas di halaman komunitas Steem Indonesia dan kami akan memberikan dukungan booming Minggu ini untuk posting Anda terus pertahankan status club✓ dan kami rekomendasikan untuk mendukung #burnsteem25. Terima kasih sudah berbagi payout ke akun komunitas dalam bentuk dukungan untuk pertumbuhan komunitas steem Indonesia...

jpg_20230618_192836_0000.jpg

Postingan ini kami rekomendasikan untuk dukungan booming minggu ini.!

 last year 

Terima kasih ketua atas supportnya yg luar biasa. Akan terus mencoba menulis dan berbagi pengalaman di sini. Salam

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 65754.91
ETH 2670.18
USDT 1.00
SBD 2.88