Steemit Engagement Challenge – S7W1 | Belanja Di Dua Tempat (Ritel Tradisional dan Modern)

in Steem Entrepreneurslast year

Assalamualaikum wr. wb.

Halo Steemians Entrepreneurs...

Bagaimana perkembangan bisnisnya...? Mudah-mudahan selalu meroket ya.

20230109_192619_0000.png
Pengantar

Awal bulan merupakan kesempatan memenuhi kebutuhan. Karena pada awal bulan biasanya saya menerima gaji. Sehingga kebutuhan sehari-hari selama satu bulan kedepannya harus di beli di awal bulan. Jika itu tidak saya lakukan, maka saya akan sulit untuk memenuhinya kemudian hari. Walaupun tidak sempat pada Minggu pertama, setidaknya sebelum jalan 2 Minggu pertama harus sudah belanja. Agar uangnya masih mencukupi untuk membeli kebutuhan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, saya harus belanja di Dua tempat. Pertama di market modern dan kemudian di Ritel Tradisional. Hal ini kami lakukan untuk lebih hemat pengeluarannya.

Belanja di Market Modern

Pagi ini saya akan belanja di market langganan bersama keluarga kecil saya. Setelah sarapan pagi bersama keluarga, kami langsung bersiap-siap. Jam 08.55 WIB saya bersama keluarga berangkat dari rumah. Kami menuju ke Tuah Citra Market yang berada di simpang Kandang, Meunasah Mee, Kota Lhokseumawe. Seperti biasanya, begitu sampai saya langsung memarkirkan sepeda motor tepat di depan pintu masuk. Halaman parkiran yang luas, membuat saya lega parkir di mana saja. Sebelum masuk ke dalam, ummi Dek Shanum meminta saya agar menggunakan troli belanja yang disediakan di depan pintu masuk. Namun karena saya tidak pernah menggunakannya, saat saya coba agak susah. Sehingga kami tidak jadi menggunakannya. Lagi pula belanjaan kami hari ini tidak terlalu banyak.

IMG20230102092906.jpg
Pintu favorit saya masuk. Sehingga sepeda motor saya parkirkan tepat di depannya
IMG20230102093834.jpg
Baru masuk Dek Shanum sudah minta mamam (makanan)

Di sini kami membeli sabun mandi (Nuvo Cair), Pasta gigi (Clause Up), minyak rambut untuk Dek Shanum. Untuk minyak rambut kami membeli 2 jenis. Satu untuk rambut (Minyak Kemiri) dan satu lagi untuk kami gunakan sebagai krem penurunan panas saat Dek Shanum demam (Kami biasanya menggunakan merek Clear). Kemudian kami mengambil sabun cuci piring (Economi cair), dan saat mau membayar di kasir, kami mengambil 1 snack sari gandum untuk Dek Shanum. Jumlah belanjaan kami di Tuah Citra Market ini, yaitu Rp. 69.500 atau setara dengan 28.65 STEEM atau 2.07 SBD. Setelah membayarnya dan mengambil kembaliannya, kami langsung keluar menuju parkiran dan meletakkan belanjaan ke dalam jok sepeda motor.

IMG20230102093512.jpg
Clouse-up merupakan pasta gigi pilihan saya
IMG20230102093155.jpg
Dek Shanum selalu sadar kamera jika di ajak silfie
Belanja di Ritel Tradisional

Selain belanja di Tuah Citra Market, kami juga belanja di Ritel Tradisional langganan kami, yaitu Grosir Cahaya Berkah yang berada di Desa Cot Girek Kandang, Kota Lhokseumawe (kira-kira 1 km dari simpang Kandang). Di sini kami membeli sampo Rejoice saset, roti kering (Unibis), pewangi pakaian (Downy) saset, pemutih pakaian batangan (ubat gitah) dan lagi-lagi Dek Shanum meminta mamam (snack). Sehingga kami harus membelikannya lagi. Jumlah belanjaan kami di Ritel Tradisional ini yaitu Rp. 44.000 atau setara dengan 1,31 SBD atau 18.14 STEEM.

IMG20230102095547.jpgIMG20230102095523.jpg

Saat belanja di Ritel Tradisional langganan saya

Selesai belanja di Ritel Tradisional tersebut, kami langsung pulang ke rumah. Siangnya setelah shalat Dzuhur dan makan siang, saya ingin menikmati secangkir kopi hitam. Setidaknya bisa membangkitkan semangat saya yang sudah berkurang. Sehingga saya harus pamit lebih cepat pada Dek Shanum dan umminya (biar sekalian pergi kerja). Ya seperti biasanya, saya menikmati secangkir kopi hitam di D’rell Kupi yang berada di Desa Meunasah Mee Kandang, Kota Lhokseumawe. Di sini saya hanya minum secangkir kopi hitam (pancong) dan mencicipi 3 gorengan dengan jumlah Rp. 5.000 atau setara dengan 2,06 STEEM saja. Hingga jam 14.25 WIB saya harus bergegas menuju ke tempat kerja. Karena hari ini saya masuk di shift sore.

IMG20230102135817.jpgIMG20230102135840.jpgIMG20230102135828.jpg

Secangkir kopi hitam untuk membangkitkan semangatku

Kesimpulan
  • Salah satu cara berhemat saat belanja yaitu dengan belanja di tempat yang berbeda (tradisional dan modern)

  • Walaupun market modern lebih lengkap dibanding ritel tradisional, namun ada beberapa yang tidak di miliki oleh market modern

  • Secangkir kopi hitam di siang hari dapat membangkitkan kembali semangat yang mulai menurun

Sekian cerita buku harian saya hari ini yang saya sajikan ke dalam Steemit Engagement Challenge season 7 pekan pertama yang diadakan oleh Komunitas Steem Enterpreneur. Saya mengajak saudaraku @zubaer, @m-fdo dan @ashkhan untuk berpartisipasi dalam kontes ini. Saya berharap semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi Steemians yang mmembacanya. Terima kasih kepada seluruh admin dan moderator komunitas Steem Entrepreneurs.

Salam Sukses

@sabarman

Myself
Facebook
Instagram

Sort:  
 last year 

Wooaaoo amigo, es notorio que ud y su familia realizaron varias actividades comerciales durante el día . Exito en tu excelente entrada ajustada al tema. Saludos cordiales!

 last year 

Thanks sister, @mariami
Thank you for your support.

Don't miss the time to participate in the contest...

 last year 

Hi @sabarman
Welcome to Steem Entrepreneurs community. Very good post Economic Activity - Diary Game.

It is an honor for us for your participation in the "Steem Engagement Challenge Season 7 Week 1" in the Steem Entrepreneurs

While expressing our gratitude. Following are the results of our verification and assessment of this post.

Verified userYES
Status club#club100
Plagiarism-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Support #burnsteem25YES
CSI voting8.5 ( 0.00 % self, 70 upvotes, 48 accounts, last 7d )
Scores9/10
Verification date
January 09, 2023

Determination of Club Status : https://steemworld.org/transfer-search

We really appreciate your participation and support for empowerment and charity activities from Steem Kindness by sharing rewards :
10%
to @steemkindness - Thank you for the good cooperation

IMG_20210824_022634.jpg
Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 last year 

You're welcome, sir @afrizalbinalka

Best Regard

 last year 

Very nice post. Very nicely presented everything. And this contest is really a wonderful contest. Thank you for inviting me to this beautiful contest. I will also try to participate in this beautiful contest. Best wishes for you.

 last year 

Thanks for the support, brother.
I'm waiting for your participation here. So that we can both be successful on this platform.

 last year 

Excelente día de compras tuviste con tu esposa e hijo, de verdad se nota que realizaron varias compras y las fotos geniales. Tus actividades comerciales muy bien realizadas durante el día.

Saludos y suerte en la dinámica

 last year 

Best Regards, sister.
Thank you for visiting and support.

Don't forget the time to participate, sister. Good luck too...

 last year 

Membeli barang di market tradisional sama halnya membantu pertumbuhan perekomian masyarakat kecil. Tulisan menarik pak @sabarman

 last year 

Benar, pak @ridwant. Itu salah satu memberdayakan masyarakat di sekitar kita.

Terima kasih atas dukungannya, pak.

 last year 

Sama sama bang

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @naka05

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

 last year 

Nice entry 🥰❤️
Good luck

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64207.05
ETH 3065.15
USDT 1.00
SBD 3.87