The Diary Game [Tuesday, 05 September 2023]: Today I am with natural disaster activitiessteemCreated with Sketch.

in Steem Entrepreneurslast year

20230905_225037.png

Halo sahabat steemians yang saya banggakan. Disini saya hadir kembali untuk menyapa kalian semua dihalaman komunitas Steem Entrepreneurs dalam topik cerita tentang keseharian saya hari ini bersama kegiatan bencana alam.

Diawal pagi dengan suasana yang masih gelap serta dengan cuaca yang sangat dingin - saya telah dikejutkan dengan pemandangan yang tak terduga ini. Banjir kembali melanda bumi kami akibat jebolnya satu titik tanggul sungai dan setelah semalam hujan mengguyur dengan sangat deras. Lalu saya mendengar suara mereka (warga) yang telah berada didepan rumah saya dan mereka sedang menyaksikan alunan-alunan air yang mulai masuk kepermukaan desa kami.

Segera bangun dari tempat tidurku dan sembari membereskan semua perlengkapan rumah untuk dinaikkan ketempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir. Dan itu adalah awal mula aktifitas yang saya lakukan dalam hal menanggapi keadaan serius ini.

Ketika matahari mulai terbit memberikan cahaya yang tidak seterang hari sebelumnya, namun putri saya telah bangun dari tidurnya, lalu dia terkejut akan semua keadaan ini - tetapi saya melihatnya dengan penuh wajah gembira, ternyata dia senang melihat suasana banjir, dan dia segera bangun serta meminta saya keluar rumah untuk melihat suasana diluar sana.

20230905_085259.jpg


20230905_085216.jpg

Masih diwaktu pagi bahwa saya akan membawakan putri kecilku untuk melihat lebih dekat kelokasi desa tetangga - bahwa disanalah letak titik utama terjadinya banjir akibat jebolnya tanggul sungai dan air telah meluap dengan cepat kepermukiman desa. Kami hanya mampu mendatangi area banjir yang sedang terjadi didesa tetangga tersebut dan keadaan darurat ini tidak memungkinkan kami mendatangi lebih dekat akan tempat lokasi tanggul jebol.

Setelah melihat pemandangan ini - lalu kami kembali pulang dan melihat suasana dampak banjir tersebut yang telah semakin meluap kearea permukiman desa kami.

20230905_092628.jpg


20230905_084200.jpg

Setelah melihat mereka (anak-anak) yang asik berenang disaluran kecil dipinggir jalan, lalu putri saya juga sangat tertarik untuk melakukannya dan kemudian saya membiarkannya bermain didepan rumah, dia terlihat sangat gembira saat telah membasahi seluruh bajunya.

Kemudian saya mulai ditugaskan oleh kepala desa untuk mendampingi pihak Koramil (BABINSA) yang datang kelokasi untuk meninjau keadaan banjir. Dan sekarang saya harus melakukannya karna itu adalah tugas saya sebagai aparatur dalam desa.

20230905_092019.jpg


20230905_092603.jpg

Disepanjang peninjauan ini bahwa kami terus mengambilkan foto dokumentasi untuk setiap lokasi atau rumah yang sudah terkena banjir, dan foto-foto ini akan segera dikirimkan ke Dinas Sosial yang memberitaukan tentang terjadinya banjir serta meminta bantuan dari mereka untuk masyarakat yang sedang terendam banjir dan dapur-dapur mereka sedang tidak dapat dihidupkan karna semua keadaan darurat ini.

Setelah peninjauan ini selesai, maka kami akan segera mempersiapkan tempat yang layak untuk dijadikan sebagai tempat penampungan bantuan serta sebagai dapur umum desa yang akan menampung makan siang terhadap semua warga.

Sebagai aparatur desa bahwa saya harus berada digaris terdepan untuk semua persiapan ini agar dapat terlaksananya dapur umum dengan lancar dan agar warga desa dapat menikmati makan siang mereka bersama kami didapur umum ini.

20230905_230108.jpg

Sekarang dapur umum telah dipersiapkan dan kami sedang menerima bantuan dari pihak MUSPIKA - Kecamatan untuk pertama kalinya. Setelah serah terima ini disaksikan, maka kami akan beraksi untuk mempersiapkan menu makan seadanya yang akan dijadikan sebagai sarapan darurat terhadap semua warga desa.

20230905_225935.jpg

Sekarang saya sedang melakukan semua upaya ini bersama teman-teman. Kami akan menyajikan nasi dan mie rebus serta telur goreng sebagai sarana darurat untuk menu makan siang hari ini.

Meskipun secara darurat dan dengan batas waktu yang singkat - bahwa kami sedang mengupayakan semaksimal mungkin agar kami dapat memberikan makanan untuk mereka semua.

Dan pada pukul 13:15 WIB semua sajian ini telah selesai dipersiapkan, lalu saya akan mengumumkan kepada warga agar segera mendatangi lokasi dapur umum untuk diberikan makanan sebagai sarapan siang mereka.

20230905_140517.jpg


20230905_140401.jpg

Setelah seruan ini diumumkan, maka mereka secara berbondong-bondong mulai mendatangi posko dapur umum ini, lalu kami akan memberikan serta membagikan mereka makanan seadanya dan secukupnya. Mereka juga terlihat sangat rukun dalam hal menyikapi keadaan darurat ini - mereka mengantri satu persatu dengan damai dan lalu mereka kembali meninggalkan tempat ini setelah mendapatkan jatah mereka.

Kemudian pada pukul 16:30 WIB kami mulai menerima bantuan dari Dinas Sosial dan merupakan serah terima bantuan untuk kali yang kedua.

20230905_163730.jpg


20230905_164849.jpg

Setelah menerima bantuan ini kami segera mempersiapkan kembali semua upaya tersebut agar dapat menghidupkan kembali dapur umum ini sebagai yang kedua kalinya - upaya dapat memberikan segenap makanan ini sebagai sarapan sore harinya terhadap semua warga.

Sekarang kami harus bergerak lebih cepat dari sebelumnya, karna ini harus ditargetkan dalam waktu yang terbatas agar semua warga dapat mengambil makanan ini sebelum tibanya waktu malam.

Saya pikir sekarang kami harus lebih extra dari sebelumnya, dan kami harus mengerahkan pasukan tambahan dari para pemuda agar dapat membantu menyelesaikan sajian ini.

20230906_013539.jpg


20230906_013432.jpg

Semua ini mampu dijalankan sesuai rencana - artinya kami berhasil membagikan semua makanan ini kepada semua warga dalam masa waktu sebelum jam shalat maghrib tiba dan itu adalah sebelum tibanya waktu malam.

Dan malam harinya saya bersama beberapa teman kembali mendatangi posko dapur umum ini untuk menyimpan kembali semua perlengkapan desa yang terpakai saat menghidupkan dapur umum ini, lalu kami akan kembali menyimpannya dengan baik ketempat penyimpanannya.

Setelah semua itu, saya pikir untuk hari ini saya telah selesai menjalankan tugas saya sebagai aparatur desa dalam hal menyikapi keadaan darurat ini yaitu terjadinya bencana alam berupa banjir akibat jebolnya tanggul sungai.

Sekarang saya akan menikmati secangkir kopi malam, lalu saya akan segera pulang untuk beristirahat agar esok hari akan kembali dapat menata sinaran matahari pagi dan berharap hari esok akan lebih bermakna dari hari sebelumnya.

Hormat kami kepada:
@harferri @steempreneurship @f2i5 @afrizalbinalka

Best Regards, @elrazi

Sort:  

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @o1eh

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

 last year 

Thank you so much Mr. @o1eh

 last year 

Thank you brother @elrazi for publishing an article on the Steem Entrepreneurs page. Your contributions and interactions are of invaluable for the development of a better community.

Status Club#club100
Verified userYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Support of #burnsteem25YES
Beneficiaries of #steemkindnessYES
Voting CSI16.0 ( 0.00 % self, 149 upvotes, 99 accounts, last 7d )
Verification date
September 06, 2023

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 last year 

Thank you so much @steempreneurship

Pat nyan BG . Di matang kuli pu..?

 last year 

Di Desa Blang - Syamtalira Aron.

Oh.. brat berarti daerah nyan Bg euh ..

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65364.69
ETH 2650.49
USDT 1.00
SBD 2.86