The diary game season 3 ( betterlife , 21 Desember 2021) Ngolah pepes sedap bareng ibu😋

in Steem SEA3 years ago

Assalamualaikum

Salam hangat saudara steemian semua nya selamat malam dan selamat beristirahat,welcome to my daily activity.

Rencana yang telah dipersiapkan dari pagi hari,wah keknya ibu semanagt banget buat makan pepes ni sobat steemian.Hm pagi hari usai sarapan pagi,aku kembali dengan keseharian ku.Lain hari nya kejadian yang mengagetkan diriku sendiri pun terjadi,di saat aku sedang menyapu sedikit lagi titik jarak penghabisan menyapu rumah sebelum sampai pintu.Tiba-tiba dengan spontan ujung sapu nya terlepas dengan gagangnya, astaghfirullah apa aku terlalu kencang ya sapunya sampe sapunya ngambek gitu? padahal dikit lagi mau siap eh malah berulah,terpaksa deh pasang lepas pasang lepas siap juga aku nyapunya.Hm yang ngalamin gini pasti paham,lagi nyapu lagi rusak wah wah auto geser ujung sapu pakek tangan ganti gagangnya.hadeuhhhh🙂

Eits,,,siap nyapu ni aku istirahat sejenak.Ibu sedang duduk santai,aku datang menyapanya.Ibu mengajakku untuk membuat pepes hari ini,seperti biasa sebelum masak buat rencana jauh waktu dulu mau masak apa tiap harinya soalnya kalau datang ke dapur tanpa perencanaan sepertinya hampar rasa ingin memasak hm palingan aku aja kali yang gitu kali yak.🙂

jeng jeng,siap buat rencana dan tugas rumah juga sudah siap.Saatnya beralih ke dapur untuk menyiapkan makan siang untuk keluar bareng ibu ku,wah wah bahannya udah siap buat di olah cincang dan di giling.Nah kali ini ikan yang akan aku dan ibu ku jadikan pepes adalah ikan teri,si kecil yang kalau di sambel rasanya beh pengen nambah lagi dah.wah wah kesukaan aku banget hehehe 🙃

Bahannya lainnya telah disiapkan,setelah mengupas bawang dengan perkiraan yang kita butuhkan.Bawangnya di cuci dulu dong,siap di kupas kulit nya baru dicincang terus hm kita goreng.Semuanya pasti tau alat masak yang sering banget digunakan untuk masak itu si bawang merah,andalan banget buat bikin masakan enak serasa si bawang bagaikan pelengkap disisi suatu masakan.Apa arti sebuah masakan tanpa bawang,eaaaakkkk🙂🥴

IMG20211221122120.jpg
Bawang siap di cincang terus di goreng

Usai menggoreng bawang,saatnya mengaduk setiap bahan pepes ke dalam satu mangkuk tempat di barengi dengan ikan teri telah kita siapkan.Nah buat bawang gorengnya kita masukin juga yak,tampang di foto nya mirip Angus tapi tenang sobat steemian kadar pas aku masakin pas kok gak hangus walaupun nampak di fotonya agak itam yak.🙂

IMG20211221122434.jpg
Bawang yang akan diaduk dengan bahan lainnya

Nah usah mengaduk semua dan siap untuk di bungkus ke dalam daun pisang,by the way yang ngambil daun pisangnya tu junior boy dirumah.Hm saatnya kita bungkus-bungkus,hm pepesnya siap untuk kita kukus.Wah akhirnya step pertama usai,siap dikukus tentunya ada step selanjutnya dong.

IMG20211221122620.jpg
Pepes saat di bungkus

IMG20211221123424.jpg
Pepes saat di kukus

Siap di kukus saatnya kita pindah tempat,proses pemanggangan siap terobos.Seusai dikukus tentu perlu di panggang biar top and top,hm bagi aku buat pepes itu ribet yak.Prosesnya tu perlu kesabaran bagi diriku sendiri,ya walaupun seperti ibu-ibu sobat steemian sudah terbiasa dengan ini yak dan mudah untuk dilakukan hm tapi kenapa aku merasa ribet hanya untuk memasak pepes yak,ada yang tau?😆

IMG20211221130310.jpg
Saat pepes dalam proses pemanggangan

nah kebiasaan yang ni siap masak kita kembalikan lagi segala bahan ketempat nya,aku menaruh semua bahan di dalam kotak nya masing-masing.Liat deh sobat steemian kalau kita menaruh bahannya dan di tata di kotak-kotak terlihat rapi dan bersih yak,tentu gak ribet untuk mencari kotaknya.Siap kita makan sesuatu pasti ada makanan dalam kotak plastik contohnya ni kotak es krim,bisa nih dibuat gini kotak plastik gitu gak perlu menggunakan Tupperware.Hm ini bisa ramah lingkungan juga kan,gak perlu kita buang kotaknya pasti ada aja yang bisa kita gunain dengan kotak itu tapi tentunya kita harus mencucinya dengan bersih.Nah kalau gini-gini ni ibu rumah tangga pasti tertata rapi deh bahannya,kotaknya juga bisa di sampel dengan tempelan nama juga loh jadi buat anak-anak yang belum paham mengenai sayuran disaat kita menyuruh mereka untuk mengambilnya mereka akan melihat nama-nama sayur tersebut hingga terekam "oh yang gini ni namanya si jengkol" jadi mereka bisa cepat kenal dengan nama sayuran deh.hehehe bisa di coba ni 🥰

IMG20211221125134.jpg
bahan masak ditata kembali siap di gunakan

siap makan ni,gak lupa dong buat nyipin.Waktu juga sudah siang saatnya shalat dan makan siang, usai makan dan shalat saatnya aku beristirahat sejenak.Menebar segala kelelahan siap bertugas,sebelum waktu sore menjelang.Sore hari usai shalat,aku dan ibu ku mampir ke belakang untuk menyetrika baju, seperti biasa agar pekerjaan cepat siap aku dan ibu ku saling bantu-membantu.

sore berganti malam,sepertinya sobat steemian sedang menikmati hari-harinya di rumah bahkan ada yang masih bekerja dan minum kopi.Istirahlah disaat kamu merasa lelah,suatu yang berlebihan hanya akan berakibat tidak baik bagi kita.Tetap jaga kesehatan kita,aku juga sudah bersiap diri setelah makan dan shalat aku kembali ke kamar dan siap menyapa kembali sobat steemian dan lanjut beristirahat.🥰

Nah cukup sekian dan aku pamit dulu ya sobat steemian,Selamat beristirahat semuanya .Have Fun Time🤗🖤

Demikian postingan ku hari ini. Terimakasih banyak aku ucapkan Kepada bang @anroja , bu @ernaerningsih ,bang @nazarul , pak @radjasalman, buk @safridafatih, bang@steemadi, bang @heriadi, pak @el-nailul, @xeldal, @enki, @firyfaiz, bang @muzack1, kak @cicisaja, bang @mirzamg,@steemcurator08 dan @steem.sea serta teman-teman yang lain yang telah begitu banyak membantu, mendukung dan membimbing ku.


Salam,

@angelscreat

About me


Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.032
BTC 59329.11
ETH 2528.70
USDT 1.00
SBD 2.47