Sangitan (Sambucus Javanica).

in #history7 years ago (edited)

Assalamu'alaikum semuanya.

Apakah anda tahu nama dari tanaman liar ini..?.

Mungkin ada yang tahu dan ada juga yang tidak,jika saya memang belum tahu.

Kenapa saya mengambil fotonya,,?.

Yang pertama, karena rasa tertarik timbul dihati saya terhadap tanaman ini,ya mungkin karena biji buahnya yang kecil, cantik, mengkilat.
Yang kedua, saya ingin mencari tahu tentang klasifikasi ilmiah dari tanaman ini.

****Kenapa saya mau tahu ?****.

Mungkin dengan sebuah alasan bagi pribadi diri saya ini termasuk hobi dan menghilangkan rasa penasaran dihati tentang tanaman liar ini.

Berikut beberapa foto semak semak liar ini yang saya ambil dengan kamera hp Oppo milik saya.







Sebelum jemari saya bergoyang tentang klasifikasi ilmiah,terlebih dahulu tanaman liar ini dalam bahasa Indonesia disebut Sangitan. jika dalam bahasa aceh dikenal dengan nama Laleung Abur.di jawa tengah disebut Brobor Kebo.

Klasifikasi ilmiah dari tanaman liar ini.

Nama binominalnya Sambucus avanica.
Kingdom plantea.saudara, Adocaceace.Genus Sambucus.
Tanaman ini tumbuh didaerah tropis dan subtropis, berarti tanaman khas benua Asia.

Asal usul tanaman ini.

Sangitan ini berasal dari Indonesia, dan juga bisa ditemukan di Burma,Tiongkok,di Indonesia tanaman ini hanya sebatas gulma, tetapi jika di Tiongkok sangitan ini dijadikan ramuan hepatitis.

Kandungan zat kimia Sangitan.

kandungan kimia yang terkandung dalam sangitan sangat banyak, seperti minyak esensial, asam ursolik, beta sitosterol,Kandungan tersebut menyebar di dalam akar dan batang serta daun.

Bagian yang bisa diambil mamfa'at.

Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, bunga dan akar.ini semua bisa dijemur sampai kering atau langsung direbus.

Akarnya bisa mengobati beberapa penyakit,seperti bengkak dan memar, tulang patah, rafang tenggorokan dan lain lain.

Daunnya juga bisa mengobati beberapa penyakit, seperti biri biri bengkak tulang dan lain lain.

Nah itulah hasil pencarian saya tentang tanaman liar ini semoga bermamfaat bagi kita semua.

Terimakasih telah membaca.

Salam steemit Indonesia.jangan lupa upvote dan resteem.


Sort:  

Apa kabar @jesca? Sekarang waktu yang tepat untuk upvote.. :}

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65637.68
ETH 2661.86
USDT 1.00
SBD 2.81