Ulog day #3 ulography of life story PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK MENINGKATKAN SUMBER PENDAPATAN KELUARGA

in #esteem6 years ago (edited)

Assalamu'alaikum smart steemians. Bahagia rasanya bisa bersua kembali dalam platform yang hebat ini, untuk mengecek postingan smart steemian yang saya kagumi. Saya akan sangat merasa sepi bila tidak bisa login ke blogchain ini untuk melihat perkembangan ditempat yang jauh, menambah pengalaman baru, tentu saja banyak ilmu terapan yang bisa didapat di sosmed ini.

Smart steemian. Malam ini saya mau sharing tentang pemanfaatan lahan tidur untuk menunjang penambahan pendapatan keluarga. Dimana banyak lahan tidur disekitar kita yang dibiarkan terbengkalai tak terurus. Padahal hanya butuh sedikit keuletan dan waktu, maka lahan itu akan kembali produktif.
Photo 1.
image
Photo 2.
image
Photo 3.
image
Photo 4.
image
Photo 5.
image
Photo 6.
image

Smart steemian. Kelima photo diatas saya ambil di lokasi lahan tidur di sekitar rumah saya. Photo-photo tersebut saya ambil dengan menggunakan camera smart phone Himax dengan keadaan cuaca yang agak redup sekitar pukul 18.00 sore tadi.

Lahan tidur yang ada dalam photo-photo tersebut adalah milik tetangga saya, yang saya minta izin untuk saya urus. Namun pemilik lahan minta agar bisa bekerja sama dalam mengurus lahan tersebut. Saya tidak ada masalah untuk bekerja sama, karena keuntungan langsung yang bisa saya rasakan, setelah lahan itu kami bersihkan sebulan lalu, biawak yang biasa bersemayam dalam hutan kecil itu, dan sering berkunjung kerumah untuk memakan ayam dan ternak bebek milik saya, sudah tidak ada tempat lagi untuk bersembunyi. Mungkin mereka para biawak sudah ngungsi ke tempat lain. Itulah keuntungan langsung yang telah saya rasakan sekarang ini.

Sementara itu, dilahan tersebut terdapat sebuah kolam bekas kerukan pasir. Kolam itu dulunya sangat kotor, yang hanya menampung air hujan, menjadi tempat bersarang nyamuk dan binatang air lainnya. Otomatis saat itu air di kolam itu adalah air tawar. Namun setelah kami bersihkan sebulan lalu, kolam itu sudah dialiri air asin. Air asin itu kami aliri lewat tambak tetangga yang belum di isi udang ataupun ikan. Sekarang didalam kolam tersebut telah saya taburi dengan bibit udang vaname sekira 20.000 bibit , sekarang telah berusia 30 hari/satu bulan.

Nah... Demikian steemian cerita saya. Semoga smart steemian menyukainya. Dan semoga ada manfaatnya.

Terimakasih kepada smart steemian yang singgah di blog saya, you are my best. Juga terimakasih kepada #esteemapp, ianya adalah aplikasi blogchain yang sangat luar biasa, tidak hanya menyediakan sarana untuk steemian, tapi juga telah banyak memberi bantuan berupa upvote, sehingga steemian pemula bersemangat untuk terus berkarya di platform hebat ini. Juga saya tidak lupa terimakasih kepada #team curator Indonesia, saya percaya bahwa anda semua telah melakukan yang terbaik untuk steemian yang ada di wilayah Indonesia. Thank you very much to Mr. @good-karma, #ambasador steemit and also #Ulog hastag. Wishing you always in healthy. See next time.

Sincerelly yours
@rikaz87
Bersatu Dalam Keberagaman

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66499.54
ETH 3203.31
USDT 1.00
SBD 4.14