Cara stek jeruk nipis supaya mini dan kerdil

in #esteem5 years ago

Hello sahabat steemeans semuanya saya sudah berhasil melakukan stek cabang besar jeruk nipis yang saat ini sudah tumbuh tiga tunas secara nyata sudah ada tanda tanda akan hidup serta sudah keluar akar di bawah dengan cara mudah serta praktis saya lakukan menggunakan lidah buaya sebagai perangsang akar jeruk nipis

image

Kita sadar bahwa jeruk nipis kebutuhan mutlak di dapur apalagi untuk ikan sangat wajib dengan ada jeruk nipis, jeruk nipis di pasar paling murah lima ribu rupiah satu kilogram dan paling tinggi lima belas ribu perkilogram, tetapi bila kita beli banyak pemakaian sedikit akhirnya busuk dan bila kita masukkan dalam kulkas terlalu lama menjadi keras tetapi selalu kita butuh satu, dua dan tiga biji setiap hari untuk kebutuhan keluarga.

image

Stek cabang besar pohon jeruk nipis ini saya lakukan melalui proses sebagai berikut :
Pertama:mencari pohon jeruk nipis yang sudah besar.
Dua: memilih pohon yang banyak buah.
Tiga: memilih pohon yang tidak ada benalu atau bebas dari penyakit.
Empat: memilih cabang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.
Lima :mencari cabang yang memiliki banyak cabang yaitu cabang yang besar ada yang kecil di atasnya.
Enam :menggunakan media tanam dari campuran pupuk kandang dan di campur pasir serta tanah padat.

image

Setelah mendapatkan cabang jeruk nipis seperti tersebut di atas saya potong dan bawa pulang kerumah untuk saya tanam di dalam media polibag dan tanah yang subur dengan unsur haranya, kemudian saya poleskan dengan lidah buaya dan saya ikat lidah buaya pada cabang jeruk nipis melingkar cabang stek dan saya beri sungkup plastik kemudian saya letakkan di tempat yang teduh dan dingin.

image

Pada proses stek saya tidak mengambil foto karena saya lakukan uji coba dan saya berpikir gagal, ternyata tumbuh sudah keluar tunas, dan rencana saya stek jeruk nipis ini saya akan pangkas selalu supaya pohonnya kerdil atau mini serta dapat berbuah banyak selalu.

image

Bila uji coba ini berhasil selanjutnya saya akan pindahkan pohon jeruk nipis ini kedalam wadah atau media tanam yang lebih besar lagi yaitu tabulampot sehingga unsur hara mencukupi untuk pertumbuhan jeruk nipis, berharap jeruk nipis ini berhasil berbuah yang tidak berhenti seperti pohon induknya dan membantu kehidupan keluarga dalam memenuhi kebutuhan dapur sehari hari. Inilah sekilas cerita tentang jeruk nipis berbagi bersama sahabat steemeans semuanya semoga bermanfaat dan selamat berbahagia. Meulaboh jumat 5 juli 2019 by @abduljalil.mbo

image

Sort:  

Congratulations @abduljalil.mbo! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You received more than 30000 upvotes. Your next target is to reach 35000 upvotes.

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

You can upvote this notification to help all Steem users. Learn how here!

Semoga dapat tumbuh dengan baik dan subur serta dapat berbuah banyak

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 61814.34
ETH 2979.06
USDT 1.00
SBD 2.48