Berkebun cabe pola jaman tradisional

in #esteem5 years ago

Hello sahabat semuanya kemarin saya mengunjungi kebun cabe pola jaman tradisional di salah satu kebun desa dalam kecamatan meureubo kabupaten aceh barat provinsi aceh yang pola tanam masih sangat tradisional atau primitif di era sekarang yang sudah modern tetapi masih sangat konvensional sistem perkebunan cabe ini

image

Berdasarkan pengamatan saya yang kurang lebih satu jam memutar mutar dalam perkebunan cabe ini tergolong buahnya bagus serta lebat atau banyak buah cabe ini yang masih hijau.

image

Perkebunan cabe ini terletak di tengah sawah yaitu dikelilingi sawah masyarakat di tengah ada dataran tinggi seperti bukit yang tampa pagar karena sudah ada pagar masyarakat di kelilingi sawah.

image

Setelah di lihat lebih mendalam penanaman cabe kemungkinan melalui proses pembabatan rumput, setelah kering di bakar rumputnya kemudian langsung di tanam cabe pola jaman dulu atau jaman tradisional.

image

Berkebun cabe jaman modern sekarang sering kita jumpai yaitu dengan menggunakan busa atau tanah di cangkul lebih dulu, kemudian di buat drainase air dan di buat bedengan.

image

Tetapi kebun cabe yang saya temui ini tanah tampa di cangkul, tidak ada bedengan, tidak ada drainase dengan tanaman cabe saya prediksi ribuan batang dengan pemiliknya sedang buang rumput dalam kebun cabe.

image

Sedangkan saat ini harga cabe di pasar mencapai enam puluh ribu rupiah (60.000) perkilogram dari sebelumnya pada paska lebaran mencapai delapan puluh ribu rupiah perkilogram termasuk harga cabenya pedas setelah lebaran.

image

Ketika saya tanya pada pemilik kebun kapan di tanam cabe ini karena buahnya baru satu satu merah atau masak. Kata pemilik kebun mereka tanam cabe ini saat bulan ramadhan atau bulan puasa.

image

Ketika saya tanya pada pemilik kebun cabe bahwa kebun ini pertama dilakukan barat rumput, kemudian di bakar dan langsung di tanam cabenya, pemilik kebun tersenyum saja tampa menjawab.

image

Menurut pengamatan saya penanaman cabe ini di lakukan dengan biaya murah meriah tampa perlu banyak modal, kerena tampa biaya beli plastik, tampa biaya pengolahan tanah, perkebunan cabe ini tergolong pola tanam cabe jaman tradisional atau jaman dulu. Saya mendoakan supaya dapat panen yang banyak dengan harga sepedas cabe. Meulaboh selasa 02 juli 2019 by @abduljalil.mbo

image

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 55255.10
ETH 2314.82
USDT 1.00
SBD 2.33