Ark-Batik #Kontes Batik periode ke-2 (Memperkenalkan Batik halus parang keprabon ) dari Solo

in #ark-batik5 years ago

IMG20181122193515.jpg

Hallo jumpa lagi dengan saya @yohanes
Apakabar semua..semoga anda dalam keadaan sehat wal Afiat sehat rohani dan jasmani.salam hormat untuk @jarunik selaku sponsor kontes juga dewan juri @muchtar penyelenggara kontes bp.@hadipedia juga @bp.@syarrf semoga tuhan menguatkan cita -cita luhur kita yaitu menjaga budaya bangsa lewat kontes batik yang ke dua ini.

Kontes batik periode yang pertama telah berlalu saya ucapkan selamat kepada para pemenang kontes batik diperiode pertama.semoga kalian bahagia dan terus berjuang untuk mempertahankan budaya dan karya bangsa yaitu batik.batik merupakan simbol jati diri bangsa Indonesia produk asli budaya kita yang telah di catat oleh UNESCO batik merupakan sebagai warisan budaya dan hasil karya bangsa Indonesia.asli

Kali ini saya akan membicarakan dan memperkenalkan batik halus motiv parang keprabon ( Batik asli solo) .baju batik yang saya pakai untuk Selfi kontes batik periode ke 2 merupakan pemberian dari kakak saya yang di jawa.setiap akan mengadakan acara keluarga seperti hajatan pernikahan saya di minta untuk mengenakan baju batik sebagai tanda bahwa saya adalah masih anggota keluarga.nya.saya juga bertugas sebagai penyambut tamu saat itu

Batik parang keprabon dari solo biasanya dibuat dengan pesanan khusus dan tidak diproduksi masal karena biasanya hanya di pesan dan di produksi untuk keluarga yang mau hajatan atau untuk seragam group atau instansi tertentu ( limit edition) seperti seragam guru,dan karyawan yang dikhususkan untuk memakai batik. Ini persiapan baju batik saya contoh batik khusus pesanan saja

.IMG20181122194013.jpg

Dan saya mencoba juga membuat logo batik ark bermotif kupu -kupu dan taman bunga. Berharap komunitas ark & steem akan semerbak di taman Indonesia Raya hingga di kenal dunia banyak dihinggapi kupu-kupu sebagai simbol binatang yang mampu menampilkan keindahan dan Ark bisa terbang tinggi mampu mengalahkan koin 2 lain terutama BTC. (Bitcoin) selanjutnya coin ark dan komunitas ark & steem bisa melejit cepat serta sejahtera semua. Aamiin..

IMG_20181122_193843.jpg
Gambar milik @yohanes.

Di solo saya mempunyai sahabat yang mempunyai pekerjaan usaha batik biasanya sahabatku membuat batik berdasarkan pesanan khusus dan bila komunitas ark baik di dalam negeri maupun luar negeri bisa menghubungi saya.berbagai macam motiv batik bisa kita buatkan sesuai selera pelanggan atau konsumen. Berikut gambar teknik-teknik aneka awal aneka membuat batik.

IMG_20181122_202748.jpg
ini merupakan pemprosesan batik halus colet parang Kusumo sahabatku sedang mencopet batik.agar corak warnanya tidak monoton.maka diberi beberapa warna.

IMG_20181122_202118.jpg

Istri temanku yang sedang membuat batik menggunakan bahan lilin(malam) yang di panaskan terlebih dahulu guna melukis batik dengan canting .untuk membuat batik di butuhkan kejelian,ketelatenan dan kesabaran baik proses menggambar di kertas ataupun menggambar di kain mori cara pengerjaan yang cukup rumit dan membutuhkan banyak waktu sehingga batik solo dikenal memiliki kwalitas dan harga yang cukup tinggal biasanya harga yang termurah batik solo halus yang asli antara 250.000 sampai 500.000 bahkan ada yang harga 1 sampai 2juta tergantung tingkat kwalitas dan kesukaran motif yang diinginkan.

IMG_20181122_202030.jpg

Setelah selesai menggambar dan mewarnai batik agar hasilnya lebih maksimal maka kain batik di rebus terlebih dahulu agar coretan lilin kuat dan tahan lama menempel di kain juga berfungsi untuk kerontokan kotoran(gambar yang tidak sesuai)sisa bekas coretan. Setelah direbus selesai maka kain batik ditiriskan di ruang penjemur batik yang terbuat dari bambu.

  1. Penjemuran kain batik
    IMG_20181122_202426.jpg

2).dijemur di bambu
IMG_20181122_202350.jpg

  1. hasil -hasil batik solo yang sudah siap
    IMG_20181122_201941.jpg

IMG_20181122_202516.jpg

IMG_20181122_201849.jpg

Foto kenangan temanku bersama keluarga saat pada beli batik langsung ke workshopnya.
Keindahan corak batik solo mengundang jatuh cinta terhadap siapapun yang melihatnya. Saya berdoa semoga Mr.@jarunik di Eropa bisa membantu mempromosikan batik kita khususnya di komunitas ark Eropa dan Ark di seluruh dunia. Saya sangat bangga dan senang apabila anda terus berkontribusi mempromosikan batik indonesia. Agar dapat membantu industri dan pengrajin batik tetap exist semangat berkarya membuat aneka batik.

Demikian ulasan sekilas tentang batik moga saja foto dan tulisan saya ini bermanfaat.

Salam batik..

Indonesia tanah airku
Asia halaman rumahku
Afrika,Amerika dan Eropa taman rekreasi ku

Note # impian saya jika saya berhasil dan sukses di ark & steem bisa keliling dunia.seperti moto di atas.

By @yohanes

Sekali lagi saya menghimbau dan mengajak kepada teman saya yang belum ikut kontes mari segera ikut contes periode ke dua ini saya undang ibu @imartini dan @nurmala-q agar secepatnya ikut kontes.

Dompet wallet ark saya.

AYjxmJYasWWSuUCGjTpuotEHXvQvbkcUi1

Terima kasih.

Sort:  

Mantab lengkap dengah proses pembuatan batik.

Iya pak @hadipedia foto kenangan bersama temanku di solo

Keren & lengkap postingan batiknya pak @yohanes

Berpeluang besar untuk menang nih 👍😊

Wow..ada proses pembuatan nya lengkap bgt😊.. semoga menang ..💪

Terima kasih dukungannya

Lengkap logonya jug bagus semoga menang ya😄💪

Bismillah minta doanya

Lengkap ya bang @yohanes... semangat berbatik..

Posted using Partiko Android

Congratulations @yohanes! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You made more than 100 comments. Your next target is to reach 200 comments.

Click here to view your Board of Honor
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:

Meet the Steemians Contest - The results, the winners and the prizes
Meet the Steemians Contest - Special attendees revealed
Meet the Steemians Contest - Intermediate results

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 64060.81
ETH 3129.62
USDT 1.00
SBD 4.17