Kapal ibn. Battuta menjadi bagian sejarah dari landmark suez canal baru, balada pelaut#13

in #aceh7 years ago

Suez canal (terusan suez) ini terletak di semenanjung senai negara egypt (mesir) sebelah timur berbatasan dengan palestine dan israel. Suez sendiri adalah nama dari daerah tersebut. Jalur yang di lalui kapal dari eropa melalui laut mediterania ke asia ataupun sebaliknya dari laut merah menuju eropa. Jalur ini menjadi vital bagi hubungan ekonomi dunia. Keberadaan kanal ini sangat menghemat waktu pelayaran tanpa harus mengelilingi benua afrika hingga menghemat waktu sampai beribu-ribu km. Kanal yang panjangnya 192 km ini mempunyai sejarah pembangunannya sendiri dari abad keabad. Hingga tahun 2015 pemerintah mesir membuka canal baru dan terus di sempurnakan penggunaannya. Semua perusahaan dredging (pengerukan) dunia turut ambil bagian di mega proyek ini termasuk perusahaan kapal saya bekerja.

imagesumber gambar : earth map

Setelah meyelasaikan pembuatan pelabuhan baru di vung anh vietnam akhir november 2014, kapal ibn. Battuta berlayar menuju egypt. Sebagian crew di pulangkan karna untuk berlayar tidak butuh banyak crew termasuk saya sendiri.

Tepat tanggal 01 january 2015 dini hari pesawat yang saya tumpangi landing di negara piramida ini sekira pukul 2 pagi. Saya dan beberapa teman setelah mendapatkan stempel imigrasi segera keluar dari internasional airpot di kairo. Di luar sudah ada driver yang menunggu dengan lambaian papan nama terpampang nama saya dan beberapa teman lain. Kami segera menuju driver tersebut saling bersalaman dan menuju parkiran mobil. Kami di antar ke sebuah hotel tidak jauh dari komplek bandara dan baru pagi saya mengetahui nama hotel tersebut adalah novotel, untuk beristirahat dikarenakan perjalanan untuk menuju suez sangat tidak mungkin karna situasi keamanan yang tidak stabil. baru bisa pagi-pagi ketika matahari terbit.

Pagi sekira jam 8 matahari sangat cerah, namun hawa sangat dingin yang saya ketahui berkisar 5 hingga 10°C menusuk hingga ke tulang driver tiba di depan hotel. Dengan Mobil minibusnya kami siap di antar ke lokasi proyek penggalian kanal baru di suez sebuah daerah di timurnya egypt.

Di perjalanan saya menyaksikan kota kairo yang dingin sedikit lengang, tidak ada macet lalu lintas. Mobil yang kami tumpangi melaju dengak keceptan tinggi. Namun, ketika melewati keluar kota kairo saat hendak memasuki jalan tol, saya melihat banyak tentara siap siaga menjaga keamanan. Tank-tank siap tempur yang parkir di pinggiran jalan. Satu per satu dari kami di periksa hingga bagasi kami di periksa. Beruntung kami memengang LG (letter of guarantee) dan kartu tanda pengenal pekerja kapal yang sedang beroperasi di suez canal. Tidak lama di periksa kami di persilahkan melanjukan kembali perjalanan.

Memang waktu itu keadaan kota mesir dalam huru-hara walaupun sekilas aman. Revolusi pemerintahan presiden muhammad husni mubarrak yang di minta meletakkan jabatannya oleh rakyat dan kemudian di ambil alih oleh muhammad mursi secara pemilihan demokrasi. Seiring berjalannya waktu, tidak terjaminnya keamanan karena terus terjadi pertikaian antar kelompok, abdul fattah as-sisi seorang panglima militer menggantikan posisi mursi dan memimpin dalam jabatan presiden. Hingga hari kami tiba di mesir sangat terasa keadaan mencekam, Selalu saja bergejolak.

sumber gambar

Sekira pukul 11 pagi itu, kami tiba di gate depan port authority menuju masuk suez kanal untuk menuju kapal ibn. Battuta. Disitu lagi-lagi untuk kesekian kalinya saya dan beberapa crew lainnya di periksa secara detail. Juga di sisi kiri gate terparkir sebuah tank. "Bah kami ini bukan teroris, kami hanya pekerja!!" Lam hatee bergumam. Setelah pengecekan kami di persilahkan masuk dan langsung menuju Kapal ibn. Battuta yang sedang berlabuh.

Pembangunan suez canal yang baru ini karena sibuknya lalu lintas perkapalan, hampir tidak mungkin kapal melalui satu jalur dalam waktu yang bersamaan. Jika kapal dari arah port said (laut mediterania) masuk maka kapal dari arah suez (laut merah) harus antri terlebih dahulu. Dan ini memakan waktu yang lama. Maka oleh pemerintah mesir di bangun satu lagi canal yang baru menjadi dua arah. Supaya traffic lalu lintas kapal teratasi. Tak tanggung-tanggung mega proyek pembangunan kanal baru ini di kerjakan oleh lima perusahaan dredging kelas dunia termasuk jan de nul perusahaan tempat saya bekerja. Dan ini menjadi pemasukan lebih bagi negara mesir.

Patroli tentara keamanan mesir juga sering melewati area kapal kami bekerja. Suez kanal ini memang di bawah penjagaan tentara di semenanjung senai.

imagespeedboat patoli tentara

Singkat carita, pada tanggal 6 agustus 2015 suez kanal baru di buka secara resmi oleh pemerintah mesir. Pembukaan secara resmi dan meriah yang di hadiri oleh presiden abdel fattah as-sisi juga di undang presiden dari beberapa negara termasuk perwakilan dari indonesia. Dan merupakan hari libur bagi rakyat mesir. Saya sebagai crew jan de nul bangga menjadi bagian dari sejarah pengerjaan proyek suez kanal baru ini.

sumbe gambar

Sehabis mengerjakan new suez canal project. Kapal ibn. Battuta berlayar menuju qatar untuk docking tahunan.

kiriman nya keren
jangan lupa upvote back dan follow back saya ya

Perjalanan yang luar biasa.. jika saja hidup di tahun masa ibn bathutah.. sungguh bertambah banyak catatan yang bisa di tulis.. post ini upvote 1000%.

Terimakasih @abunagaya ya betul, menulis perjalanan hidup itu perlu, suatu pasti akan di kenang.

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by ricky firdiansyah from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.